Brilio.net - Mendedikasikan diri dalam sebuah pekerjaan adalah tantangan tersendiri . Setiap individu memiliki pertimbangan untuk menggeluti pekerjaannya dengan tekun. Ada yang karena hobi, kebutuhan akan materi, juga banyak alasan lain.

Selain gaji, banyak alasan yang membuat seseorang bertahan di pekerjaannya. Kebutuhan akan materi memang tak bisa dipungkiri sebagai hal yang penting.

Lalu, apa ya kira-kira alasan orang rela bertahan dipekerjaannya?  Yuk, simak 10 alasan orang enggak pindah pekerjaan selain karena gaji, seperti dirangkum brilio.net, Selasa (1/12) :

1. Karena merasa dibutuhkan oleh orang lain

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: www.huffingtonpost.com

Loading...

Dibutuhkan oleh orang lain dalam menjalani sebuah pekerjaan merupakan kebutuhan bagi Dian, seorang guru honorer di Yogyakarta. Menurutnya, guru adalah profesi yang sangat dibutuhkan oleh murid-muridnya karena adanya kedekatan emosional.

"Aku bertahan sebagai honorer, meskipun gajinya nggak seberapa, karena merasa dibutuhkan oleh murid-muridku," terang dia kepada brilio.net.

2. Pekerjaan sebagai hobi

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: www.inows.org

Banyak orang tidak mau meninggalkan pekerjaannya karena pekerjaan yang digeluti merupakan hobinya. Misalnya saja penulis, pelukis, dan masih banyak pekerjaan lain. Begitu juga Alya, remaja muda asal Bantul ini mengaku tak meninggalkan pekerjaannya sebagai penjual baju online karena memang menjadi hobinya.

"Aku jualan online sebagai bagian dari hobi. Sejauh ini sih aku nggak pake instagram kayak yang lagi ngetren, tapi aku jualan di BBM sama toko-toko online yang ada gitu," terang dia pada brilio.net.

3. Merasa tidak bisa mengerjakan pekerjaan lain

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: road.issn.org

Alasan ini pula yang sering dikemukakan orang kenapa tak meninggalkan pekerjaan mereka. Memang bukan hal mudah untuk menggeluti bidang baru jika kita sudah terlibat lama dengan sebuah pekerjaan.

4. Karena relasi yang sudah terjalin

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto; presnellonprivileges.com

Andika Rahmadi Putra, pemilik Sidomulyo Tour ini mengaku sudah mempunyai banyak relasi sehingga tak ingin meninggalkan bisnis travelnya.

"Sudah punya banyak relasi di travel, bukan hal mudah untuk sampai seperti sekarang. Jadi sayang dong untuk ditinggalkan," ungkap lelaki yang biasa disapa Popo ini pada brilio.net.

5. Zona nyaman

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: www.usatoday.com

Terjebak zona nyaman memang menjadi alasan paling sering ditemukan. Mencoba hal baru bukan berarti tidak menggoda tapi meninggalkan tempat yang sudah memberi kenyamanan juga bukan pilihan mudah.

6. Kenyamanan lingkungan kerja

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: money.howstuffworks.com

Tempat kerja yang nyaman tentu menjadi bagian penting kenapa seseorang bisa betah. Alasan ini juga membuat seseorang terhindar dari stress di kantor.

"Karena kenyamanan lingkungan kerja termasuk teman, tempat, dan atasan adalah faktor yang mempengaruhi saya betah ada di pekerjaan saya saat ini," ungkap Muhammad Ibrahim, guru di SMA Nusantara, Magelang pada brilio.net.

7. Pekerjaan sebagai cita-cita

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: www.bbc.co.uk

Pekerjaan yang dekat dengan cita-cita adalah hal yang membuat pekerjaan tersebut sulit untuk dilepaskan. Jadi, ketika cita-cita tersebut terwujud, pasti sulit kan untuk memilih pekerjaan yang lain.

8. Adrenalin dari pekerjaan yang tidak didapat di tempat lain

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: slam.canoe.com

Andika Rahmadi Putra mengungkapkan selain karena relasi, adrenalin juga jadi penyebab ia tetap bertahan dengan pekerjaannya sekarang. Ia yang menyukai traveling sejak dulu, selalu merasa tertantang untuk menyelesaikan satu trip dan membuat penumpangnya senang.

9. Merasa berada di passionnya

Bukan gaji, ini 9 alasan orang enggan pindah pekerjaan, bener nggak?foto: www.flurtmag.com

Tikah Kumala, penulis lepas ini mengaku sudah berada dipassionnya dengan menulis. Ia mencintai pekerjaannya, dengan begitu tidak ada alasan untuk meninggalkan pekerjaannya.

"Aku mencintai pekerjaanku, ini passionku, jadi aku nggak kepikiran untuk mencari pekerjaan lain," terangnya pada brilio.net.