Brilio.net - Gol merupakan skor yang dikumpulkan demi kemenangan tim dalam kompetisi sepak bola. Latihan dan strategi bermain diajarkan oleh pelatih demi satu tujuan tim tersebut. Mempelajari strategi lawan juga tidak kalah pentingnya. Tapi ada satu hal yang kurang, seharusnya setiap anggota klub harus diteliti bentuk wajahnya. Aneh ya?

Sebuah studi mengungkap bahwa struktur wajah mampu memberikan prediksi performa pemain sebagaimana dikutip brilio.net dari Adaptive Human Behavior and Physiology, Minggu (12/7). Performa tersebut meliputi mencetak gol, memberikan umpan, dan melakukan pelanggaran saat di arena lapangan. Studi ini dilakukan oleh Keith Welker bersama rekannya dari Universitas Colorado Boulder, Amerika Serikat.

Dalam penelitiannya, Keith dan timnya melibatkan pemain sepak bola dari 32 negara berjumlah 1.000 pemain yang mengikuti kompetisi Piala Dunia pada tahun 2010. Riset ini menggunakan facial-width-to-height ratio (FHWR) untuk mengetahui struktur wajah seseorang. Nilai FHWR didapatkan dengan mengukur jarak antar tulang pipi dibagi dengan jarak antara pertengahan alis dan bibir bagian atas.

Temuan riset tersebut menyebutkan bahwa pemain gelandang dan penyerang dengan skor FHWR tinggi memiliki kecenderungan melakukan pelanggaran tinggi. Di sisi lain, penyerang dengan dengan nilai FHWR tinggi ternyata mampu mengumpan dan juga mencetak gol lebih banyak.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa semakin tinggi nilai FHWR, semakin tinggi pula tingkat agresif seseorang. Perasaan itulah yang mempengaruhi kondisi baik atau buruk perfoma pemain di lapangan. Para peneliti mempercayai bahwa FHWR dipengaruhi oleh hormon testosteron saat masa pubertas.

BACA JUGA:

Penelitian buktikan berpuasa baik untuk kesehatan jantung

5 Hal lucu yang dilakukan anak kecil saat puasa pertama

4 Lagu Ramadan ini pernah ngehits banget di Indonesia

Resep takjil lezat dengan 2-3 bahan saja, gampang banget!

VIDEO: Tips menyajikan kurma tanpa biji