Brilio.net - Seorang lulusan teknik arsitektur Universitas Brawijaya Malang angkatan 2000 malah memilih menjadi seorang komikus. Pria asal Jalan Kedoyo Barat Sawojajar, Malang bernama Veby Surya Wibawa (33) mulai aktif menjadi komikus tahun 2007. Lewat blogging ia mengenalkan karya-karyanya.

Pria dengan nama populer Vbi Djenggoten ini sudah melahirkan sekitar delapan komik di pasaran. Komiknya tak hanya beredar di pasaran dalam negeri, tapi juga sudah beredar di luar negeri. Di antaranya Malaysia.

Komik-komik miliknya yang sudah beredar di pasaran adalah Aku Berfacebook Maka Aku Ada, Married With Brondong, 33 Pesan Nabi jilid I dan II, Lima Pesan Damai, Islam Sehari-Hari, dan 101 Persen Cinta Indonesia. Kedelapan karya itu sudah terjual puluhan ribu eksemplar. Sedangkan Malaysia sudah sekitar ribuan eksemplar.

Belajar ilmu agama pun kini bisa lewat komik, seru kan?

"Inspirasi dari komik yang saya buat adalah keadaan lingkungan sehari-hari. Orang yang dekat dengan kita," kata Vbi Djenggoten kepada brilio.net, Sabtu (20/6).

Vbi mulai menekuni komik karena mendapatkan inspirasi dari istrinya. Perempuan 38 tahun asal Jakarta itu mampu menyadarkan Veby tentang bakat membuat komiknya. Padahal sebelumnya dia tidak begitu yakin dengan bakatnya itu.

Suami dari Mira Rahman ini terkenal karena muatan pesan dalam komiknya yang berkesan religi seperti 99 Pesan Nabi yang masih dalam tahap penyempurnaan. "Selain terhibur, penikmat komik saya bisa mendapat ilmu yang disampaikan secara mudah dengan cara yang ringan," ujar Veby.

Bahkan perjalanan cinta dirinya dan sang istri pun dikemas dalam komik. Diberi judul Married With Brondong. Diceritakan bagaimana keduanya menjalani perjalanan cinta dalam mahligai pernikahan. Veby mengatakan dalam komik itu, dirinya dan istri saling berkolaborasi.

Awalnya, Vby Djenggoten menerbitkan komik secara indie. Bersama sang istri, dua komik, Aku Berfacebook Maka Aku Ada dan Married With Brondong, diluncurkan. Setelah itu pada 2011 baru lah dia berhasil membuat sebuah penerbit PT Zahira Ufuk Abadi untuk menggaetnya gara-gara menang lomba cover yang 33 Pesan Nabi.

BACA JUGA:

Gadis ini rela tinggalkan dunia fashion show demi pertahankan hijab

Perempuan ini tetap pede berhijab di kompetisi masak Amerika, salut!

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Tinggalkan fashion show, Nitta yang berhijab kini jadi guru honorer

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa