Brilio.net - Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan namanya power bank, alat elektronik pengisi baterai yang satu ini sudah umum bahkan menjadi barang wajib untuk dibawa ke mana-mana. Zaman sekarang, intensitas penggunaan smartphone yang tinggi tidak dibarengi dengan kekuatan daya baterai yang tinggi, sehingga salah satu cara untuk mengisi baterai smartphone tanpa menghubungkannya ke colokan listrik yaitu dengan power bank.

Harga perangkat elektronik ini pun beragam, sesuai dengan kapasitas dan merek power bank tersebut. Namun, belakangan ini banyak power bank yang diperjualbelikan di pasaran dengan harga yang terbilang cukup murah dengan kapasitas daya yang terbilang besar. Mengapa begitu? Apakah kualitasnya tak sebagus power bank yang dibanderol dengan harga mahal?

Nah buat kamu yang penasaran, sekarang kamu bisa mengecek kualitas dan keaslian power bank dengan sebuah aplikasi berbasis Android bernama Ampere. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mengetahui seberapa bagus kualitas power bank yang kamu beli, baik murah maupun mahal. Harga menentukan kualitas? Bisa jadi. Tapi kamu bisa membandingkannya secara langsung.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Ampere di Android kamu. Ukurannya tak terlalu besar, hanya 2MB. Kemudian jalankan apikasi tersebut, tunggu sekitar 10 detik dan kamu akan memperoleh data ampere yang digunakan smartphone kamu saat belum di charge.

Kemudian cobalah charge smarphone kamu, aplikasi ini akan mengubah warna hurufnya dan tunggu selama 10 detik hingga angka ampere muncul. Data tersebut menunjukkan ampere yang smartphone kamu dapat saat dicharge konvensional. Selanjutnya kamu bisa menggunakan power bank yang telah kamu beli unutk melihat data ampere yang masuk saat dicharge. Lihat hasil dan perbedaannya.

Loading...

Kamu bisa menyaksikan tutorialnya dari GadgetHacks di bawah ini: