Brilio.net - Zaman sekarang tentu saja email sangat diperlukan untuk berbagai urusan pekerjaan. Nah, jika kamu termasuk pengguna email untuk aktivitas dan bertukar informasi di kantor, sebaiknya  perlu berhati-hati.

Seperti dilansir brilio.net dari laman sciencealert, Jumat (8/1), sebuah penelitian yang dilakukan Future Work Centre, Inggris, mensurvei sebanyak 2.000 pekerja dari berbagai sektor, terkait peran email yang diakses dari smartphone dalam pekerjaan mereka.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa email adalah pedang bermata dua," kata salah satu tim, Richard MacKinnon.

Email memang bisa menjadi salah satu alat komunikasi yang efektif namun juga bisa menyebabkan tekanan bahkan hingga stres pada sebanyak 62 persen responden karena membiarkan notifikasi email pekerjaan mereka tetap aktif meskipun setelah jam kantor usai.

Penelitian ini juga mendukung dari penelitian sebelumnya pada 2014 yang dilakukan oleh tim dari Stanford University yang menemukan bahwa budaya kerja 'always on' sebenarnya malah membuat orang kurang produktif.

Loading...

Oleh karena itu, ada baiknya sepulang kerja lebih baik kamu matikan setiap notifikasi email soal pekerjaanmu dan memanfaatkan untuk beristirahat total. Seharian bekerja, tubuh dan pikiran juga harus diistirahatkan dengan cara tidur dan melepaskan beban pekerjaan. Jadi kesimpulan penelitian ini menyarankan untuk menutup aplikasi email-mu setelah jam kerja dan manjakan diri kamu agar lebih siap menghadapi hari esok dengan kualitas kerja lebih baik.