Brilio.net - Kebanyakan orang akan dibius total ketika menjalani operasi, apalagi operasi yang tergolong berat seperti operasi otak. Namun berbeda dengan wanita yang satu ini, Naomi Elishuv, seorang pemain biola dari Lithuania. Selama menjalani operasi otak, wanita ini tidak hanya dibius lokal saja, bahkan dia masih boleh bermain biola. Sambil dioperasi, wanita itu memainkan karya komposer terkenal, Mozart.

Seperti dilansir brilio.net dari medicaldaily.com, Senin (4/5), pada 20 tahun lalu, Elishuv terkena kelainan otak yang membuat tangannya selalu gemetaran. Sejak terkena penyakitnya tersebut, karirnya sebagai seorang pemain biola pun terhenti.

Aneh tapi nyata, wanita ini main biola saat menjalani operasi otak

Untuk menyembuhkan kelainannya itu, Elishuv menjalani operasi otak yang dilakukan di Tel Aviv, Israel pada Februari 2014 silam. Operasi tersebut adalah penanaman elektroda di dalam otaknya yang ditujukan untuk menghentikan getaran tangannya.

Agar penanaman elektroda tersebu tepat sasaran, akhirnya dokter memutuskan untuk membius lokal Elishuv dan menyuruhnya untuk bermain biola agar dapat mengetahui secara langsung bagian syaraf otak sebelah manakah yang bergetar.

Loading...

Aneh tapi nyata, wanita ini main biola saat menjalani operasi otak

"Ini adalah pertama kali saya mengoperasi seorang pasien yang memainkan instrumen sepanjang jalannya proses operasi. Selama operasi, walaupun cukup menegangkan saya merasa senang karena bisa mendengarkan konser pribadi dari seorang musisi berbakat," ucap Profesor Yitzhak Fried, Direktur Bedah Saraf Fungsional di Tel Aviv Sourasky Medical Center, dokter yang melakukan operasi terhadap Elishuv.

Setelah operasai selesai, ternyata operasi tersebut berhasil. Elishuv kini dapat kembali bermain biola, menuang teh, dan melakukan pekerjaan lainnya dengan baik tanpa terganggu dengan gemetaran lagi.