Brilio.net - Mengenalkan adat dan budaya Indonesia sejak dini memang penting dilakukan agar tertanam kecintaan pada negeri yang punya 34 provinsi ini. Pengenalannya pun sekarang bisa dengan berbagai cara.

Nah, kini ada aplikasi yang bisa memudahkan anak-anak untuk mengenal kekayaan Indonesia dengan mudah. Karya itu dibesut oleh tiga mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) yaitu Achmad Mambaun, Gita Putry Nabilah, dan Erfin Nur Rohma Hakim.

Karya yang pernah diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 2014 ini bernama Peraga Bundo (Aplikasi Pengenalan Ragam Budaya Indonesia Sebagai Media Ajar Anak Berbasis Android), yaitu berupa permainan edukasi 2 dimensi berbasis Android yang dapat dimainkan anak-anak.

Anak-anak boleh main smartphone, tapi harus unduh aplikasi budaya ini!

Pembuatan karya itu diakui mereka berawal dari fenomena penggunaan smartphone yang semakin menggila. Indonesia menempati posisi 5 besar pengguna smatphone terbanyak di dunia, maka wajar masyarakatnya sudah begitu akrab dengan benda ini, tak terkecuali dengan anak-anak.

Dari situ, Achmad Mambaun dkk berinisiatif memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran bagi anak. Gagasan mereka diperkuat oleh sebuah penelitian dari perusahaan telekomunikasi asal Inggris, Ofcom, yang mengungkapkan bahwa anak-anak lebih menyukai tablet atau smartphone dibanding mainan anak pada umumnya. Sebabnya smartphone lebih menyenangkan untuk bermain video game ataupun menonton video kesukaan mereka.

Anak-anak boleh main smartphone, tapi harus unduh aplikasi budaya ini!

"Fokus yang kita kenalkan ada tiga, yaitu pakaian adat, rumah adat, sama lagu adat. Yang pakaian sama rumah adat kita tampilkan lewat gambar," ungkap Achmad Mambaun ketika ditemui brilio.net, Minggu (3/5).

Anak diminta menebak daerah asal benda yang ditampilkan dalam gambar kartun. Pertanyaan yang diajukan tanpa opsi jawaban, jika jawaban salah maka akan diberitahu jawabannya. Di akhir, akan muncul poin pemain berdasar berapa banyak jawaban benar.

Anak-anak boleh main smartphone, tapi harus unduh aplikasi budaya ini!

Mereka berharap aplikasi ini mampu memudahkan anak dalam mengenal pengetahuan umum seputar keragaman dan kebudayaan Indonesia melalui permainan belajar menebak gambar ikon rumah adat dan pakaian adat daerah. Selain itu, anak-anak dapat belajar mengenal keragaman serta kebudayaan Indonesia dengan didampingi oleh bimbingan orangtua. Dalam waktu dekat, aplikasi ini akan diupload di Playstore sehingga bisa diakses secara bebas oleh pengguna smartphone seperti kamu. Berminat mengunduhnya?