Brilio.net - Jika berbicara tentang sinetron Indonesia maka tak akan ada habisnya. Bagaimana tidak hampir setiap hari layar kaca televisi kita selalu disuguhi dengan berbagai sinetron mulai dari pagi hingga tengah malam.

Namun pernah nggak sih saat kamu nonton tiba-tiba merasa dejavu begitu? Kamu seperti pernah melihat adegan ini di suatu tempat? Yap, tak salah, memang ada beberapa sinetron Indonesia yang memiliki alur sama dengan drama luar negeri seperti Korea, Jepang atau Taiwan.

Banyak penonton yang menuduh mereka menjiplak. Namun ada juga yang bilang bahwa kemiripan tersebut hanyalah kebetulan saja. Nah daripada penasaran, simak yuk di bawah ini sembilan sinetron Indonesia yang pernah dituduh menjiplak drama luar negeri sebagaimana brilio.net rangkum, Kamis (29/10).

1. Siapa Takut Jatuh Cinta vs Meteor Garden

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Loading...

Cerita tentang seorang cewek miskin dan empat cowok kaya ini pertama populer berkat manga Jepang berjudul Hana Yori Dango. Saking populernya beberapa rumah produksi kemudian membeli lisensinya untuk dijadikan drama, salah satunya adalah Meteor Garden. Meteor Garden sendiri sempat booming di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Namun tak berapa lama setelah serial ini berakhir, tiba-tiba muncul sinetron Indonesia yang berjudul Siapa Takut Jatuh Cinta.

Sinetron yang diperankan oleh Leony, Indra Brugman, Roger Danuarta, Steve Emanuel dan Jonathan Frizzy dituduh memiliki cerita yang mirip dengan meteor garden. Ada adegan di mana Leony naik ke lantai atas dan berteriak marah kepada Indra Brugman. Adegan ini sama persis dengan yang ada di Meteor Garden. Tak hanya itu saja, alur cerita di episode awal juga terlihat mirip.

2. Buku Harian Nayla vs 1 Litre of Tears

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Siapa yang tidak kenal sinetron satu ini? Selain ceritanya yang menguras air mata, sinetron ini jugalah yang menyatukan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie menjadi pasangan suami istri di dunia nyata. Sayangnya kesuksesan sinetron ini ternyata dipenuhi tuduhan plagiat drama Jepang berjudul 1 Litre of Tears. Dari alur cerita juga mirip sama-sama menceritakan tentang perjuangan remaja 16 tahun yang menderita penyakit kelumpuhan syaraf.

3. Kejora dan Bintang vs Brilliant Legacy

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Sinetron yang diperankan oleh Alyssa Soebandono dan Baim Wong ini memiliki alur cerita yang mirip sekali dengan drama Korea berjudul Brilliant Legacy. Adegan di episode pertama juga sama persis yakni sama-sama tertukar koper. Belum lagi sususan keluarganya yang juga sama dengan drama Korea yang pernah dibintangi Lee Seunggi.

4. Benci Bilang Cinta vs Princess Hours

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Kedua serial ini memiliki cerita yang mirip yakni tentang seorang gadis miskin yang tiba-tiba dijodohkan dengan seorang pewaris kaya. Bedanya adalah jika di versi drama korea Princess hours latar belakangnya ada keluarga kerajaan berbeda dengan Benci Bilang Cinta yang latarnya keluarga pengusaha kaya, Bagio Grup. Meski begitu kisah untuk keseluruhan terlalu mirip.

5. Cinta Remaja vs My Sassy Girl

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Sinetron ini bercerita tentang kisah cinta bernama Marcel yang diperankan oleh Egi John dan Laudya Cintya Bella sebagai Kezia. Mereka yang awalnya membenci justru dinikahkan karena suatu hal salah paham. Namun cerita ini ternyata sudah ada di dalam serial drama korea berjudul My Sassy Girl. Bahkan adegan perkenalan mereka pun juga mirip yakni saat sang pemeran wanita tak sengaja merusak HP milik pemeran pria.

6. Cinderella Boy vs Hana Kimi

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Sinetron ini dituduh menjiplak dorama Jepang berjudul Hana Kimi karena memiliki alur cerita yang sangat mirip. Yakni tentang seorang remaja cewek yang menyamar menjadi cowok dan masuk asrama pria demi bisa bertemu idolanya. Sayang karena tuduhan plagiat ini, sinetron ini tak bertahan lama dan selesai di episode ke-6.

7. Ganteng-ganteng Serigala vs Twilight

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Jika melihat episode pertama Ganteng-ganteng Serigala mungkin kamu akan teringat dengan film luar berjudul Twilight? Yap cerita awalnya mirip di mana ada keluarga vampir yang masuk sekolah manusia dan salah satu di antaranya jatuh cinta pada manusia. Namun kemiripan itu hanya di beberapa episode awal saja, selanjutnya GGS melebarkan ceritanya ke mana-mana hingga bertahan sampai 400-an episode.

8. Demi Cinta vs Endless Love

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Sinetron ini memiliki cerita yang sangat mirip dengan drama Korea Endless Love. Sama-sama bercerita tentang anak yang tertukar antara si kaya dan miskin dan baru ketahuan saat dewasa. Salwa yang kembali ke keluarganya yang miskin baru menyadari bahwa dia mencintai kakaknya saat yang berasal dari keluarga kaya.

9. Kau yang Berasal dari Bintang vs My Love From Another Star

9 Sinetron ini pernah dituduh menjiplak drama luar negeri

Sinetron yang dibintangi oleh Nikita Willy dan Morgan Oey sempat menimbulkan kontroversi di awal tayang. Dari pihak produksi mengaku bahwa mereka sudah mendapat izin meremake dari drama korea aslinya. Namun tiba-tiba saja pihak Korea menyangkal bahwa dirinya telah memberi izin kepada rumah produksi Indonesia untuk meremake dramanya. Untuk cerita sendiri dibuat sangat mirip tentang artis perempuan kesepian yang bertemu dengan alien ganteng.