Brilio.net - Berbelanja online memang sedang populer hingga saat ini. Karenanya tak jarang ada saja oknum tak bertanggung jawab yang menipu konsumennya saat berjualan online.

Nah kali ini, Sabtu (25/7) brilio.net akan berikan tips bagaimana berjualan aman saat belanja online.

1. Pastikan situs terpercaya

Gunakanlah situs-situs jual-beli online yang sudah terkenal yang sudah banyak digunakan orang pada umumnya.

2. Pelajari kebijakan sistem jual-beli

Loading...

Jangan sampai kamu melewatkan tahap ini. Karena membaca kebijakan sistem jual-beli online sangat penting, sehingga saat terjadi ketidak sesuaian kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.

3. Pastikan lagi deskripsi barang yang akan dibeli

Jangan hanya terpaku pada foto. Baca deskripsi barang secara benar dan teliti. Jika kurang jelas, kamu tidak perlu sungkan-sungkan menanyakan kepada pembeli atau membaca review pelanggan sebelum kamu.

4. Jangan mudah tergiur diskon dan barang murah

Antara murah dan murahan terkadang sulit dipastikan. Karenanya cobalah untuk mengecek dibeberapa situs jika kamu menemukan barang dengan harga sangat murah di luar batas kewajaran.

5. Pertimbangkanlah cara pembayaran

Diskusikan dengan orang di sekitarmu karena biasanya toko online memilik sistem pembayaran yang berbeda-beda. Ada yang transfer 60% dulu, baru kemudian barang dikirim. Ada pula yang menggunakan rekening bersama, di mana uang pembeli tidak akan sampai ke penjual sebelum barang sampai ke pembeli. Dan jika ditemukan ketidaksesuaian, maka uang bisa ditarik lagi.

6. Periksa harga total

Hitung lagi berapa harga barang, ongkos kirim, dan lain-lain. Sehingga mengurangi celah penjual nakal yang mengatakan kurang biaya ini dan itu yang menyebabkan barang tak kunjung dikirim oleh penjual.

7. Simpan bukti transaksi

Jangan sampai bukti transaksi baik berupa kode/nomor/kertas/nota hilang sebelum barang sampai di tangan kamu. Karena tanpa bukti transaksi tidak ada yang bisa dilakukan, jika ternyata barang yang kita beli tidak sesuai atau bahkan tidak datang.

8. Catat kontak yang bisa dihubungi

Catatlah nomor penjual dan pihak pengelola situs jual beli. Hal ini untuk mempermudah komunikasi saat transaksi berlangsung, atau kamu ingin menyampaikan komplain kepada penjual.