Brilio.net - Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. (Mungkin) termasuk kebahagiaan? Betulkah demikian?

Faktanya, walaupun uang bisa menciptakan kebahagiaan, ternyata tak bertahan lama. Mau tahu buktinya?

Dilansir brilio.net dari laman lifehack.org, Sabtu (25/4), berikut lima hal yang tidak pantas kamu bela-belain sampai menguras kantongmu dan justru hanya bikin gagal bahagia.

1. Barang elektronik
Namanya teknologi elektronik, pasti akan mengalami pembaruan setiap waktunya. Ketika kamu bisa memperoleh ponsel dengan Operation System (OS) Android Lolypop tahun kemarin, eh, tahun ini keluar Android One. Begitu seterusnya.

Jadi, jangan terlalu terburu nafsu untuk mengejar yang tercanggih, guys. Karena di atas lever tercanggih masih ada maha diraja canggih, yang bisa jadi akan lahir pada kesempatan berikutnya. Tidak akan ada habisnya, deh. Malah kamu semakin boros karena setiap ada ponsel baru selalu beli. Selain itu kamu menjadi kontributor penimbun sampah elektronik. Kasihanilah bumi kita ini.

2. Barang pendekor rumah
Kalau yang ini melibatkan kreativitas. Dan, seperti yang kamu tahu, yang namanya bidang kreatif itu selalu ada versi anyarnya. Kalau tidak baru atau inovatif, mana bisa disebut kreatif.

Nah, kalau kamu menata ulang dekorasi rumahmu, sesuaikan saja sama keinginanmu sebenarnya dan yang bertahan lama. Hindari setiap kali ada tren dekorasi rumah, kamu selalu melakukannya juga. Kantongmu makin lama makin bolong, padahal kebutuhan primer lainnya masih perlu kamu penuhi.

3. Mobil
Perusahaan mobil jela selalu memproduksi jenis mobil terbaru dan terkeren ketimbang generasi mobil sebelumnya. Kalau kamu sampai mengikuti tren mobil lalu ganti-ganti mobil, siap-siap hidup merana, kecuali kamu anaknya Bill Gates yang kaya raya membahana. Lagi pula, kalau kamu selalu beli keluaran terbaru, beban perawatanmu semakin besar. Boros, kan?

4. Fashion terbaru
Hal ini lebih banyak terjadi pada kaum hawa, betul? Para wanita seringkali lemah iman kalau ada produk fashion, seperti baju, tas, sepatu, yang baru keluar dan diskon lagi. Surga banget! Nah, kamu yang wanita harus tahan iman. Pasalnya, fashion itu selalu mengikuti perkembangan zaman.

Sebenarnya bukan masalah kalau kamu mampu silakan, tapi akan lebih baik kamu tetap menyisihkan budgetmu untuk tabungan. Siapa tahu akan ada kebutuhan mendadak atau yang tidak diinginkan. Lagi pula, orang akan melihatmu dari keserasian dan kecakapan kamu berpenampilan plus cara kamu bersikap, bukan baru atau tidaknya baju/ tas/ sepatu yang kamu kenakan.

5. Perhiasan
Kalau kamu kalangan sosialita, bukan masalah selalu menggunakan perhiasan yang baru setiap kali berpenampilan di depan orang lain. Tapi perlu ingat kembali bahwa jangan sampai demi disebut kalangan sosialita, kamu bela-belain membeli perhiasan terbaru padahal tabunganmu empot-empotan. Belum lagi kebutuhan sehari-hari belum semua terpenuhi. Jatuhnya, utang. Membuat keuanganmu tak sehat.

Baik, guys, mulai sekarang pintar-pintar mengelola keuangan untuk lima hal di atas, ya!