Brilio.net - Setiap kota yang ada di Indonesia pasti memiliki sebuah embel-embel atau julukan. Julukan setiap kota yang disematkan ada yang berasal dari pribumi maupun para kolonialis Belanda. Unik dan pastinya menarik. Tentunya, kamu semua sudah tak asing lagi mendengar kata Van Java yang menjadi julukan beberapa kota di Indoensia. Kata Van Java memiliki arti berasal dari Jawa. Nama Van Java yang dikaitkan dengan julukan kota di Indonesia karena adanya kemiripan kota tersebut dengan sebuah kota yang ada di luar negeri.

Terhitung ada tujuh kota yang ada di Indoensia yang dijuluki Van Java. Kota-kota tersebut ternyata memang mirip dengan kota yang ada di luar negeri sana, lho. Kalau kamu belum tahu kota apa saja itu, berikut ini adalah kota-kota yang yang mendapat julukan Van Java yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/12).

1. Bandung "Paris Van Java"

7 Kota di Indonesia ini mendapat julukan 'Van Java', kotamu ada? foto: cirengsalju.com

Bandung, sebuah kota yang sangat terkenal di Pulau Jawa, julukan Paris Van Java pun sudah melekat di kota yang sering disebut dengan Kota Kembang. Pertama, julukan Paris Van Java diberikan oleh orang Eropa sejak dulu kala ketika mengunjungi Kota Bandung. Tepatnya pada abad ke-18 atau tahun 1825 Kota Bandung mendapat julukan Paris Van Java.

Konon katanya, cuaca dan kondisi temperatur di Kota Bandung hampir sama dengan di Paris, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Hal lain mengapa Bandung memiliki julukan tersebut adalah karena kuliner dan juga gaya fashion masyarakatnya yang bagus dan enak untuk dilihat. Sama dengan Paris yang sering dihubungkan dengan Kota Fashion.

2. Tasikmalaya "Delhi Van Java"

7 Kota di Indonesia ini mendapat julukan 'Van Java', kotamu ada? foto: azmytasik.wordpress.com

Tasikmalaya, sebuah kota yang ada di Pulau Jawa ini sudah lama diberi julukan dan mungkin beberapa orang belum banyak yang mengetahuinya, yaitu Delhi Van Java. Julukan tersebut diberikan ke Tasikmalaya lantaran di sana, katanya masyarakat Tasik suka sekali menari, menyanyi dan juga berlari. Selain itu, kontur jalan yang naik turun dan berkelok serta pemandangan perbukitan-perbukitan indah, membuat Tasikmalaya mempunyai pesona yang mirip Delhi, India.

3. Karimun Jawa "Carribean Van Java"

7 Kota di Indonesia ini mendapat julukan 'Van Java', kotamu ada? foto: holiday2indonesia.com

Jika kamu pernah menonton film The Pirates of Carribean, pasti kamu tahu scene di mana bajak laut sedang berlayar di lautan yang di sekitarnya ada pulau - pulau kecil, hal itulah yang ada di Karimun Jawa. Karimun Jawa terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memiliki keindahan yang sama dengan Carribean. Apabila kamu mengunjunginya, kamu akan merasa seperti bermain film bersama Jack Sparrow di The Pirates of Carribean. Air lautnya yang masih asri dan belum tercemar membuat daerah pantai di Karimun Jawa sering dijadikan destinasi liburan oleh masyarakat dalam negeri atau juga luar negeri.

4. Tegal "Japan Van Java"

7 Kota di Indonesia ini mendapat julukan 'Van Java', kotamu ada? foto: informasi-tegal.blogspot.com

Tegal mempunyai julukan Japan Van Java karena di kota tersebut banyak sekali industri logam yang ternyata sangat lihai dalam membuat spare part kendaraan bermotor yang berasal dari Jepang. Bahkan ada beberapa industri logam di Tegal yang sudah lama berkontribusi dan juga menjadi langganan sebagai pemasok spare part industri otomotif ternama asal Jepang.

5. Garut "Swiss Van Java"

7 Kota di Indonesia ini mendapat julukan 'Van Java', kotamu ada? foto: warbiasya.com

Garut dijuluki Swiss Van Java, yang pertama adalah karena makanan khasnya yaitu dodol yang dianalogikan dengan cokelatnya Indonesia. Julukan ini juga ternyata telah tersemat sejak jaman kolonial Belanda. Ratu Wilhelmina Belanda kabarnya memiliki peristirahatan pribadi di Garut. Selain dari makanan khasnya, Garut bisa dijuluki Swiss Van Java yaitu dari pemandangan alam yang masih alami terutama untuk daerah pegunungan. Salah satu gunung yang cukup terkenal dari Garut adalah Gunung Papandayan. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut ini tidak kalah indah dan sejuk dibanding Gunung Alpen.

6. Semarang "Venice Van Java"

7 Kota di Indonesia ini mendapat julukan 'Van Java', kotamu ada? foto: simpanglima.wordpress.com

Semarang sampai sekarang memiliki julukan Venice Van Java. Hal tersebut bisa terjadi lantaran di Semarang banyak sekali kanal - kanal sungai hampir sama dengan di Venice yang berada di Italia. Namun perbedaan yang cukup terlihat yaitu kalau di Venice sendiri kanal - kanal sungainya ditata dengan rapi sehingga bisa membuat orang betah di kota tersebut. Sedangkan di Semarang, kanal-kanal sungainya biasa dan terkesan sederhana.

7. Situbondo "Africa Van Java"

7 Kota di Indonesia ini mendapat julukan 'Van Java', kotamu ada? foto: asliindonesia.net

Ketika kamu masuk ke Kabupaten Situbondo, naluri alam dan suasana khas Afrika bisa kamu rasakan. Di daerah Situbondo banyak sekali hamparan savana dan satwa liar yang masih hidup dengan alami, salah satunya adalah Taman Nasional Baluran. Sama dengan daerah Afrika yang mempunyai satwa - satwa liar dan penuh dengan hamparan savana.