Brilio.net - Dokter adalah cita-cita mainstream zaman kita kecil, ya nggak? Hampir setiap anak kecil yang ditanyai cita-citanya ingin jadi apa, pasti mayoritas akan menjawab ingin jadi dokter.

Nggak heran memang, karena dokter itu keren. Selain mulia karena menyembuhkan orang sakit, zaman sekarang juga identik dengan profesi orang kaya. Ya nggak? Sebab usai menyelesaikan masa studinya, semua lulusan jurusan kedokteran dituntut harus langsung mengaplikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat. Nggak jarang, para dokter muda rela memulai karirnya sampai ke pedalaman sekalipun.

"Mahal memang (biaya kuliahnya). Tapi saya rasa itu terbayarkan dan menjanjikan buat semua mahasiswa kedokteran kok. Setelah lulus kita pasti kepakai dimana aja. Bayaran juga alhamdulillah oke, sepadan," kata Nova Abdillah, alumni Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), ketika berbincang dengan brilio.net, Selasa (13/10).

7 Hal ini cuma dialami mahasiswa kedokteran, mahal tapi menjanjikan

Tapi kamu tahu nggak, sejak kuliah, para calon dokter sudah diuji dengan berbagai macam hal yang mahasiswa jurusan lain nggak mengalami? Apa aja? Berikut hal-hal unik bikin sebel tapi membanggakan yang cuma dialami para mahasiswa kedokteran, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (14/10):

Loading...

1. Uang masuk kuliah luar biasa mahal

Kamu pasti pernah dengar bahwa biaya awal masuk ke Jurusan kedokteran itu luar biasa mahal. Bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta. Jurusan lain? Sepertinya nggak ada yang semahal kedokteran. Setuju?

2. Uang semesteran dan uang praktik yang mahal

Selain uang awal masuk, setiap semester mahasiswa kedokteran selalu membayarkan SPP yang mahal. Belum lagi uang praktik yang jumlahnya juga mencapai nilai jutaan.

3. Buku dan modul harganya pun selangit

Buku-buku kedokteran terkenal mahal-mahal dibanding buku-buku jurusan lain. Selain itu, terdapat beberapa modul-modul yang khusus untuk mahasiswa kedokteran saja.

4. Jadwal kuliah padat

Kamu punya teman yang kuliah di jurusan kedokteran? Coba lihat daftar kuliah dan praktikum mereka, dan coba deh bandingin dengan jurusanmu.

5. Praktikum yang bikin ngeri

Mahasiswa kedokteran pasti pernah membedah mayat untuk mempelajari anatomi dan lain-lain. Jurusan kuliah lain? Boro-boro, wong liat mayat aja takut kok. Ayo ngaku!

6. Harus biasa lihat darah

Ilmu kedokteran itu identik dengan darah. Karena kerjaan dokter sering berhadapan dengan korban kecelakaan yang parah, atau membedah penyakit yang ada di dalam tubuh. Jadi mereka harus dibiasakan melihat darah berceceran. Hii...

7. Ko-as bikin lulus lama

Yang unik dari jurusan kedokteran adalah adanya praktek co-asisten atau ko-as setelah wisuda dari universitas. Dalam masa ko-as itulah ilmu yang didapat dari universitas harus dipraktikkan. Mereka belum akan resmi jadi dokter sebelum menyelesaikan program ko-as itu. Parahnya, program ko-as bisa berjalan sampai dua tahun, bahkan lebih. Setelah itu baru deh, disumpah dokter dan resmi menyandang gelar dokter. Keren ya?