Brilio.net - Friday 13th atau tanggal 13 yang jatuh pada Jumat selama ini dianggap sebagai waktu keramat bagi banyak orang di seluruh dunia. Banyak yang berpendapat bahwa hari tersebut merupakan hari yang tidak baik dan membawa sial.

Pada tahun ini saja banyak orang mulai menyoroti hal tersebut kembali karena ada tiga friday 13th yang akan kita temui. Namun apa sih yang sebenarnya pernah terjadi pada tanggal dan hari itu sampai dianggap sebagai hari yang tidak baik? Berikut ada 6 tragedi yang memang mengerikan yang pernah terjadi pada tanggal 13 di hari jumat yang pernah terjadi sepanjang sejarah yang dilansir dari livescience.com.

1. Kebakaran di Australia “black friday”

Mungkin banyak dari kamu yang sudah mendengar black friday dari australia. Black friday merupakan peristiwa kebakaran yang terjadi di Victoria, Australia pada 13 Januari 1939. Peristiwa ini menghanguskan 1.300 bangunan dan puluhan nyawa karena memang hampir 75% wilayah Victoria dilalap oleh api. Kebakaran ini juga termasuk 10 bencana paling mematikan dalam sejarah.

2. Bom di Istana Buckingham

Istana Buckingham di Inggris juga ternyata pernah menjadi sasaran bom Nazi saat perang dunia kedua pada friday 13th. Pada tanggal 13 september 1940, saat Ratu Elizabeth dan Raja George sedang minum teh, Nazi menjatuhkan kurang lebih 5 bom pada istana yang menghancurkan interior dari Royal Chapel.

3. Banjir di Kansas

Peristiwa friday 13th merngerikan selanjutnya terjadi pada tanggal 13 Juli 1951 di mana terjadi banjir bandang. Banjir tersebut diakibatkan oleh jhujan deras yang mengguyur Kansas sejak tanggal 9 juli. Menurut data, banjir tersebut menyebabkan debit air di sungai kansas meningkat sampai 40,8 kaki. Pemerintah juga harus mengeluarkan dana kurang lebih USD 6,4 triliun untuk pemulihan.

4. Krisis perang dingin Soviet dan Swedia

Pada hari jumat tanggal 13 juni 1952 terjadi peristiwa di mana Uni Soviet menjatuhkan pesawat militer dari Swedia karena dirasa mereka adalah mata-mata. Namun, pemerintah Swedia menyangkal dan menyatakan bahwa pesawat itu hanya pesawat latihan. Dan pihak Uni Soviet juga menyangkal bahwa mereka menembaknya dengan sengaja. Dan butuh 40 tahun sampai akhirnya kedua negara mengakui apa yang sebenarnya terjadi.

5. Pembunuhan misterius di New York

Peristiwa friday 13th yang terjadi di New York adalah sebuah pembunuhan pada tanggal 16 maret 1964. Saat itu seorang pemilik bar bernama Kitty Genovese ditikam dan diperkosa oleh orang yang tidak dikenal. Ada 38 saksi yang ada di lokasi kejadian namun tidak satupun dari mereka menghubungi polisi saat kejadian berlangsung karena tiap orang menganggap sudah ada orang lain yang melakukannya, meskipun nyatanya tidak ada satupun yang akhirnya melapor.

6. Badai mematikan di Bangladesh

Pada hari Jumat tanggal 13 November 1970, Bangladesh diserang oleh badai yang membuat kurang lebih 300.000 nyawa melayang. Badai ini juga menyebabkan naiknya air laut ke daratan sampai setinggi 5 meter. Kebanyakan orang selamat berusia kisaran 15 sampai 49 karena mereka memanjat pohon untuk menghindari air.