Brilio.net - Setiap ada kejadian besar ataupun suatu tragedi pasti tidak lepas dengan berita hoax atau berita palsu yang beredar di dunia maya. Demikian pula dengan tragedi Paris yang menewaskan 158 orang pada Jumat malam (13/11) lalu. Rumor beragam pun beredar di media sosial, mulai dari foto hingga informasi. Kendati demikian jangan asal share, bisa jadi foto atau informasi tersebut bohong belaka alias hoax.

Seperti yang sudah dilansir brilio.net dari buzzfeed Minggu (15/11) ini dia berita hoax tersebut

1. Konser yang digelar sebelum terjadi penyerangan.

6 Rumor hoax di media sosial tentang tragedi Paris

Dalam foto tersebut disebutkan bahwa itu adalah foto konser di Bataclan sesaat sebelum terjadinya penyerangan. Foto yang beredar di twitter itu ternyata hoax. Foto tersebut adalah foto konser Eagles of Death Metal di Dublin Irlandia pada tanggal 10 November 2015 yang lalu.

Loading...

2. Foto balasan dari Paris dengan membakar perkampungan migran

6 Rumor hoax di media sosial tentang tragedi Paris

Foto tersebut memang berita kebakaran di The Calais Jugle, kampung imigran yang berasal dari Afganistan, Sudan, dan Afrika. Dalam foto yang beredar di twitter tersebut bertuliskan informasi palsu, foto pembakaran aksi balas dendam dari Paris.

3. Beredar foto pelaku penyerangan

6 Rumor hoax di media sosial tentang tragedi Paris

Di Instagram beredar foto yang diklaim sebagai salah satu pelaku penyerangan. Padahal pihak polisi Prancis sama sekali belum merilis identitas penyerang.

4. Tweet Donald Trump tentang pengawasan senjata di Paris

6 Rumor hoax di media sosial tentang tragedi Paris

Dalam cuitan Donal Trump tersebut dia berkata "Tidakkah ini menarik, tragedi ini terjadi di Paris yang merupakan salah satu negara dengan pengawasan senjata paling ketet di dunia?"

Screenshoot tersebut kembali beredar setelah terjadi tragedi Paris padahal itu adalah tanggapan Donald Trump tentang kasus Charlie Hebdo, dan sudah diklarifikasi.

5. Pergantian lampu di Empire State Building

6 Rumor hoax di media sosial tentang tragedi Paris

Beberapa twitter mengklaim bahwa bangunan Empire State di New York menyalakan lampu yang menggambarkan bendera Prancis. Padahal itu adalah kejadian saat penyerangan Charlie Hebdo.

6. Suasana Paris setelah penyerangan

6 Rumor hoax di media sosial tentang tragedi Paris

Foto suasana Place de la Concorde di pusat Paris ini sebenarnya adalah foto tahun 2008 yang merupakan salah satu project seni yang berjudul "Silent Witness" yang dibuat dengan menggunakan long exposure fotografi.