Brilio.net - Salah satu fungsi media sosial (medsos) adalah memungkinkan adanya interaksi antara satu orang dengan yang lain tanpa harus bertatap muka karena terhalang jarak. Hal ini jugalah yang dilakukan beberapa politikus Indonesia untuk lebih dekat dengan masyarakat, mereka tidak jaim dan malu menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, sampai Instagram.

Siapa saja ya mereka?

Berikut ini 5 politikus yang aktif dan enggak jaim di medsos, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (7/9):

1. Ridwan Kamil

5 Politikus ini nggak pernah jaim aktif di medsos, salut!

Loading...

Wali Kota Bandung ini memang sudah dikenal dengan beberapa terobosannya yang berani. Beliau juga sosok yang aktif di berbagai media sosial. Antara lain, akun Twitternya @ridwankamil dan akun Instagramnya @ridwankamil.

Dalam kedua media sosial tersebut Kang Emil, begitu sapaan akrabnya, terpantau cukup aktif dan sering memposting lho. Beliau ini juga memanfaatkan Twitternya untuk menjawab berbagai keluhan masyarakat dan menyampaikan program-programnya. Bisa dibilang mungkin beliaulah politikus yang paling sering ngetweet ataupun posting foto di Instagram.

2. Ganjar Pranowo

5 Politikus ini nggak pernah jaim aktif di medsos, salut!

"Tuanku ya Rakyat, Gubernur cuma mandat ..."

Begitulah yang tertulis dalam kolom biodata akun Twitter @ganjarpranowo. Gubernur Jawa Tengah ini cukup pintar menggunakan media sosialnya untuk berinteraksi dengan para warga. Tampak dalam timelinenya, Ganjar cukup sering menjawab pertanyaan-pertanyaan warga dengan gaya santai, bahkan tak jarang memakai Bahasa Jawa.  

Bisa dilihat dari timeline Twiiternya, bahwa memang Ganjar adalah sosok gubernur yang periang dan ramah, serta senang guyon.

3. Lukman H Saifuddin

5 Politikus ini nggak pernah jaim aktif di medsos, salut!

Menteri Agama Republik Indonesia saat ini, Lukman H Saifuddin juga nggak jaim lho berkicau di akun Twitternya, @lukmansaifuddin. Lukman tak segan-segan membalas mention dari para followersnya. Namun kebanyakan tweet beliau berisi kata-kata mutiara dan me-retweet berita-berita terbaru.  

Dalam sebuah interview dengan salah satu stasiun televisi nasional, Lukman juga mengakui bahwa dirinya suka diajak selfie. Jadi jangan segan ya, ajak Lukman selfie bareng pas ketemu.

4. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

5 Politikus ini nggak pernah jaim aktif di medsos, salut!

Sejak bergabung di Twitter pada Maret 2013 lalu, akun @SBYudhoyono ini punya followers sebanyak 7,77 juta. Mantan Presiden Republik Indonesia ini memang sering menyampaikan pendapat atau pemikiran politiknya melalui akun Twitternya. Ada ciri khas dari SBY, tweetnya selalu ditandai dengan tulisan SBY di akhir kicauannya.

5. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

5 Politikus ini nggak pernah jaim aktif di medsos, salut!

Gubernur DKI Jakarta ini sering dikenal dengan keputusan-keputusannya yang tegas dan tidak pandang bulu. Namun banyak lho buktinya yang cinta dan sayang pada suami Veronica ini. Nyatanya followers di akun Twitternya @basuki_btp ini memiliki followers sekitar 3,49 juta. Sedangkan followers di Instagramnya sekitar 122.000-an orang.

Pria yang akrab disapa Ahok ini bisa dibilang aktif dalam menjawab mention dari para followers serta tak jarang memposting fotonya saat berbaur dengan warga saat berinteraksi langsung.