Brilio.net - Entah kenapa kalau membaca linimasa mengenai politik kota Jakarta, pasti selalu saja mengaitkannya dengan sosok Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih sering disebut Ahok. Ya nggak heran juga sih, Ahok adalah gubernur Jakarta menggantikan Joko Widodo (Jokowi) yang sudah naik menjadi presiden Republik Indonesia.

Tapi kenapa Ahok bisa jadi terkenal sih? Bahkan popularitas Ahok termasuk sosok yang fenomenal. Coba deh bayangin, mana ada sosok gubernur Jakarta yang bahkan punya basis fans club dimana-mana, termasuk di dunia maya. Bahkan nggak jarang, kita membaca atau menonton berita-berita yang justru menceritakan kebiasaan-kebiasaan 'jelek' dari sosok Ahok. Tapi tetap saja, Ahok menjadi sosok yang selalu populer di negara kita.

Alasan-alasan di bawah ini bisa saja menjadi penyebab kenapa Ahok menjadi sangat populer. Berikut rangkuman brilio.net yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (26/3):

1. Ahok nggak gila popularitas

Oke, ini yang paling bikin gagal paham. Populer tapi nggak gila popularitas? Gimana bisa? Pencitraan kan kunci buat seseorang supaya bisa populer, ya kan? Entah itu pencitraan baik atau buruk. Bahkan dia nggak segan-segan memarahi wartawan yang menanyakan pertanyaan yang menurut dia bodoh dan ditanyakan berulang-ulang kali.

Loading...

Pernah dengar juga kan pada saat sidak di beberapa perusahaan milik negara, dia memarahi para PNS yang tidak bekerja seperti seharusnya, alias magabut alias makan gaji buta? Ahok bahkan mundur dari jabatannya sebagai anggota partai Gerindra dan melaju sebagai pejabat independen.

2. Banyak musuh

Semuanya terkesan dijadikan musuh oleh Ahok. Mulai dari anggota partai politik yang ditinggalkan, anggota DPRD, bahkan Ahok berani menentang keras ancaman Front Pembela Islam (FPI) yang dinilainya tidak masuk akal. Semuanya akhirnya memusuhi Ahok.

Tapi yang namanya asap nggak bakalan ada kalau nggak ada api kan? Yang paling baru, perseteruannya dengan anggota DPRD, Haji Lulung, terkait dana pengadaan UPS yang menurutnya nggak masuk akal sampai dengan Rp 12,1 triliun. Dari perseteruan ini bahkan membuat Haji Lulung menjadi bulan-bulanan netizen dengan tagar #SaveHajiLulung.

3. Suka ngomong kasar

Ahok bakal jadi atasan yang paling menyebalkan kalau kamu termasuk tipe pekerja yang suka malas-malasan. Kalau rapat, pasti marah-marah. Kamu bahkan bisa saja dimarahi di depan banyak orang kalau kerjamu nggak becus.

Saat memeriksa RAPBD dana siluman yang heboh beberapa waktu lalu, Ahok bahkan menuliskan, "pemahaman nenek lu!" di lembar rincian anggaran tersebut. Tapi entah kenapa, justru rakyat seolah-olah gembira dengan adanya pejabat yang suka nyemprot sana-sini itu. Mereka berpendapat, hal itu bisa jadi shock therapy untuk menampar pejabat-pejabat yang suka korup di pemerintahan. Bukan main!

4. Latar belakang keluarga

Ahok bukan berasal dari keluarga pejabat tinggi negara dan juga bukan pengusaha besar yang terkenal dekat dengan pejabat. Dia cuma berasal dari keluarga biasa keturunan Tionghoa, bahkan tinggal di kampung, di Belitung Timur, yang jauh dari pemerintahan.

5. Suka nantangin musuh-musuhnya

Ahok gencar menyuarakan pentingnya laporan kekayaan pejabat-pejabat negara. Bahkan slip gajinya pun selalu diunggahnya ke internet supaya semua orang tahu. Ahok juga kerap kali menantang para pejabat untuk berani melaporkan harta kekayaannya dari sebelum menjabat sampai dengan sekarang, dengan pembuktian terbalik sebagai upaya meminimalisir tindak korupsi di pemerintahannya. Ini nih yang sering bikin para pejabat kebakaran jenggot dan jadi memusuhinya.

6. Tukang potong rezeki orang

Dana-dana siluman RAPBD yang pada akhirnya dihapus nggak jarang membuat para pejabat-pejabat 'kebingungan' karena kehabisan sumber dana tambahan di luar gaji mereka. Kasihan kan? 'Jahat' nggak, Ahok motong-motong rejeki orang?

7. Bikin susah pengendara motor

Gara-gara kebiajakan jalur bebas motor yang dibuat Ahok, katanya sih pengendara motor jadi merasa disulitkan. Tapi dengan begini, justru sedikit berhasil mengurai kemacetan Jakarta lho. BBM juga jadi hemat. Polusi juga mulai berkurang. Kece!

8. Orang Tionghoa yang menganut Kristen Protestan

Masih banyak orang yang mempermasalahkan mengenai ini. Katanya orang dengan minoritas seperti Ahok nggak pantas berada di pemerintahan. Bahkan sempat dengar kan, FPI membuat gubernur tandingan beberapa waktu yang lalu? Apa kabarnya ya si gubernur tandingan itu?

9. Istrinya cantik, anaknya ganteng

Ini bisa jadi yang paling bikin Ahok populer. Udah istrinya cantik, anaknya cakepnya kayak aktor-aktor Korea yang bikin cewek-cewek Indonesia klepek-klepek melihatnya. Ini bisa jadi titik awal menuju Indonesia yang lebih... cakep! Okesip!

10. Ahok doyan banget tepe-tepe

Gimana nggak tebar pesona, masa nomor ponselnya dibagi-bagikan ke masyarakat? Apalagi banyak yang ngomong, abis ngadu sama Ahok, keluhan mereka langsung beres. Selow amat sih ini gubernur?

Oke Hok, kepadamu kami titipkan ibukota!