Brilio.net - Dunia Twitter dan Instagram dihebohkan dengan munculnya hashtag #kyliejennerchallenge yang diikuti oleh para anak muda di seluruh dunia. Tren dimana para remaja menggunakan botol atau gelas kecil yang mereka gunakan untuk memasukkan bibir mereka sebelum kemudian menghisapnya dan hasilnya adalah bibir 'memble seksi' ala Kylie Jenner.

Namun tren ini ternyata jauh dari kata aman karena memang banyak sekali efek samping dan bahaya yang dapat ditimbulkan dari memasukkan bibir dalam botol tersebut.

Dan berikut adalah 5 efek samping yang dilansir dari livestrong.com:

1. Muncul rasa gatal

5 Bahaya tren bibir memble ala #kyliejennerchallenge
Ketika seseorang mencoba untuk menggunakan botol atau alat lain untuk membuat bibirnya terlihat 'memble', mereka akan merasakan reaksi bibir sedikit terbakar. Reaksi tersebut yang nantinya membuat bibir merasa gatal yang tidak biasa.

2. Daerah sekitar bibir memerah
Kulit akan terlihat memerah bisa jadi disebabkan oleh iritasi akibat penggunaan alat seperti botol atau semacamnya. Kondisi kulit memerah ini biasanya akan diikuti dengan pembengkakan kecil disertai rasa gatal.

3. Timbul reaksi seperti terbakar
Jika yang dirasakan hanya reaksi sedikit terbakar itu bisa disebut biasa namun jika yang dirasakan seperti adanya api pada bibirmu ataupun seperti ada seseorang menonjok bibirmu, sebaiknya lepaskan segera botol yang kamu gunakan tersebut agar tidak terjadi reaksi lebih parah.

4. Terjadi pembengkakan
Pembengkakan juga dapat terjadi jika kamu menggunakan alat yang tidak steril atau mengandung bahan penyebab alergi. Pembengkakan biasanya akan terjadi merata di area sekitar bibir diserai dengan warna kulit memerah seperti iritasi.

5. Bibir menjadi kering
Melakukan hal ini dengan rutin akan menyebabkan bibirmu kering sampai dengan terjadinya iritasi. Oleh karena itu jika kamu terbiasa melakukan hal ini sebelumnya jangan lupa untuk selalu mengoleskan pelembab bibir dan jangan teruskan jika terjadi iritasi pada bibirmu.

Selain 5 hal di atas, washingtonpost juga menuliskan seorang dermatologis bernama Dendy Engelman mengatakan bahwa tren bibir 'memble' tadi tidak hanya menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan yang merupakan hasil dari proses menghisap botol. Jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang maka akan menimbulkan luka yang permanen.

Berikut juga ada video yang dilansir dari dimana seorang perempuan mencoba #kyliejennerchallenge ini dan akhirnya bibirnya berdarah.