Brilio.net - Geliat kemeriahan peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) memang mengundang banyak perhatian. Acara yang pertama dilaksanakan pada 18 April-24 April 1955 itu berhasil menyatukan perwakilan pemerintah dari 29 negara Asia dan Afrika di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

Selain untuk mendiskusikan perdamaian dan perkembangan ekonomi, KAA menjadi ajang bergengsi untuk menampilkan sebuah karya seni atau bakat terbaik yang dimiliki oleh negara-negara anggota KAA.

Nah pada peringatan ke-60 KAA yang akan dihelat pada 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung ini, beberapa seniman, artis, dan musisi terbaik di Asia dan Afrika mendapat kehormatan khusus sebagai penyandang predikat "The Tigers and Lions of Asia Africa".

Sedikitnya ada 4 sosok yang mendapat perdikat kehormatan tersebut, berikut keempat orang tersebut:

1. Park Jae-sang (PSY)

4 Tokoh ini dijuluki 'Macan dan Singa Asia Afrika' di 60 tahun KAA

Siapa yang tidak kenal dengan gerakan Gangnam Style? Park Jae-sang pencipta gerakan tersebut adalah musisi yang videonya hingga saat ini sudah ditonton oleh 2.300.035.634 pengguna YouTube di seluruh dunia. PSY, nama populer Park Jae-sang, mendapatkan kehormatan sebagai The Tigers and Lions of Asia Africa karena telah membawa kekuatan untuk perdamaian dunia melalui karya seninya.

2. Julie Gichuru

4 Tokoh ini dijuluki 'Macan dan Singa Asia Afrika' di 60 tahun KAA

Lahir dari ayah yang berasal dari India dan ibu yang berasal dari Kenya, Julie Gichuru merupakan jurnalis yang disegani asal Kenya. Ia juga merupakan salah satu dari 20 Youngest Power Women in Africa menurut majalah Forbes karena berhasil memproduksi banyak konten kreatif dan media untuk membangun sebuah keadaan menjadi lebih baik. Julie Gichuru mendapatkan kehormatan sebagai The Tigers and Lions of Asia Africa karena telah membuktikan bahwa media sebagai alat komunikasi dan keterbukaan adalah kunci untuk mengubah dunia.

3. Peter Gontha

4 Tokoh ini dijuluki 'Macan dan Singa Asia Afrika' di 60 tahun KAA

Banyak yang mengenal Peter Gontha sebagai inisiator Java Jazz, salah satu festival musik jazz terbesar di dunia. Tapi mungkin hanya sedikit yang mengetahui bahwa Dubes RI untuk Polandia ini dulunya sempat menjadi pelayan, bahkan sopir taksi. Peter Gontha mendapatkan kehormatan sebagai The Tigers and Lions of Asia Africa karena dianggap sebagai sosok yang pekerja keras, mulai dari supir taksi hingga menjadi pimpinan perusahaann multinasional dan mendirikan banyak perusahaan nasional.

4. Iko Uwais

4 Tokoh ini dijuluki 'Macan dan Singa Asia Afrika' di 60 tahun KAA

Seorang aktor, koreografer film, dan atlet pencak silat dan menjadi salah satu tokoh The Tigers and Lions of Asia Africa karena kiprahnya di dunia perfilman Indonesia bahkan internasional.

(brl/pep)