Brilio.net - Tahun baru sebentar lagi datang. Semua orang pasti ingin tahun depan jauh lebih baik daripada tahun sekarang. Termasuk kamu yang masih mahasiswa. Mungkin yang kemarin masih malas-malasan, masih suka bolos, sudah saatnya tahun ini untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Kamu yang lagi skripsi tentunya juga harus lebih semangat. Ingat kata-kata, 'Menunda satu hari skripsi sama dengan menunda satu hari pernikahan'. Emang kamu mau kawin tua?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/12), 15 resolusi tahun baru buat kamu para mahasiswa, siapa tau bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Masuk kuliah dalam keadaan siap

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: bustle.com

Bagi kamu yang dulu masih suka telat kuliah, suka nggak bawa pulpen dan catetan ketika kuliah mending tahun 2016 segera diperbaiki deh guys. Mulai sekarang nggak ada salahnya kamu belajar menyiapkan segala kebutuhan kuliahmu. Lebih bagus lagi jika kamu bisa memahami materi perkuliahan sebelum mulai sesi kelas. Dijamin kuliahmu makin moncer!

2. Pastikan tidurmu cukup

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: mirror.co.uk

Sekolah aja sudah capek, apalagi kuliah. Di saat tugas menumpuk, pasti waktumu banyak tersita untuk fokus di perkuliahan. Alangkah baiknya jika kamu memberikan waktu tidur yang cukup. Cukup ya guys, bukan berlebihan. Kalau kamu terpaksa begadang karena tugas yang seabrek, kamu bisa membaca tips tetap bugar walau sering begadang disini: 11 Trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein saat begadang

3. Cobalah memasak sendiri di kos atau rumah

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: bustle.com

Kamu yang berstatus mahasiswa pasti punya jatah uang jajan setiap bulannya. Entah itu dari orang tuamu atau dari hasil kerja part time. Nggak ada salahnya kalau kamu mencoba untuk memasak sendiri kebutuhan makanmu. Lebih asyik lagi jika kamu bisa mengajak teman satu kos-kosan untuk masak bareng. Masak bareng, makannya juga bareng, jadi nggak ngerasa kayak jomblo deh.

4. Tetapkan sebuah rutinitas

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: codecondo.com

Mendengar kata-kata rutinitas mungkin terbesit pikiran sesuatu yang menjemukan. Tapi ini justru lebih baik daripada hidupmu selama kuliah luntang luntung nggak jelas. Apalagi kamu yang lagi berperang mengerjakan skripsi, kemungkinan besar hidupmu malah nggak banyak kegiatan.

Nah, di sini kamu bisa mulai menetapkan sebuah rutinitas. Nggak perlu yang ribet, cukup yang simple saja, misalnya pagi bersih-bersih kos, siang kerjain skripsi, sore olahraga, malam istirahat atau kumpul bareng teman. Dengan rutinitas hidupmu akan memiliki pola yang bisa kamu tentukan sendiri.

5. Beri waktu untuk teman-teman

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: bustle.com

Walau sibuk, kamu juga harus tetap memiliki waktu untuk kehidupan sosialmu. Sesekali nggak ada salahnya kalau kamu hangout bareng teman-teman. Selain menjalin tali silahturahmi, menghabiskan waktu bersama teman akan membuatmu memiliki cerita sendiri selama masa kuliah.

6. Cari tempat belajar yang asyik

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: bustle.com

Kalau selama tahun 2015 kamu merasa susah untuk fokus ketika belajar, berarti sudah saatnya kamu mencari tempat belajar yang baru. Tempat belajar yang baru dan asyik akan membuat mood belajarmu kembali membara. Coba kunjungi perpustakaan kota, atau kafe-kafe yang menyediakan tempat yang cozy untuk belajar.

7. Belajar multitasking

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: workplacepsychology.net

Mulai sekarang mungkin kamu mulai bisa belajar multitasking. Tahun lalu kamu yang belum pernah ikut organisasi, mulai tahun 2016 mencoba masuk salah satu organisasi kampus bisa jadi suasana tersendiri bagi kamu. Dengan mengikuti organisasi kamu juga bisa belajar membagi waktu antara kuliah dan tugas di organisasimu.

8. Makan makanan sehat dan bergizi minimal sekali dalam sehari

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: bustle.com

Semakin kamu sibuk kuliah, maka tubuhmu semakin membutuhkan makanan bergizi. Sudah bukan waktunya lagi untuk menyepelekan masalah makanan. Karena kesehatan itu merupakan anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga. Jadi kamu yang mahasiswa, sudah nggak perlu banyak alasan lagi untuk nggak memulai makan makanan sehat. Semakin banyak toko-toko yang menyediakan makanan sehat dengan harga terjangkau. Kamu tinggal pilih saja.

9. Jika belum mulai menabung, sekarang adalah saatnya

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: gazettereview.com

Mulai menabung bisa jadi resolusi tahun baru paling bagus buat kamu yang mahasiswa. Mungkin tahun-tahun kemarin uang kamu selalu habis untuk kebutuhan dan keinginan ini itu. Maka, mulai tahun baru alangkah baiknya kamu mulai menyisihkan sebagian uang jajanmu. Kamu bisa membuka rekening baru yang isinya nggak akan kamu utak atik di bank kepercayaanmu.

10. Berpikir jauh kedepan nggak ada salahnya

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: collegerecruiter.com

Mulai berpikir tentang karir? Siapa takut! Apalagi bagi kamu yang masih di semester awal. Mulailah memikirkan kamu mau menjadi apa nantinya, mau fokus dibidang apa, atau mau membahas topik skripsi apa. Jika kamu mulai berpikir jauh kedepan, maka hidupmu akan tertata dan nggak melenceng dari tujuan awalmu.

11. Cari teman baru dalam setiap kelas

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: bustle.com

Tahun baru, teman baru, atau malah pacar baru? Sah-sah saja mencari teman baru. Apalagi kamu yang masih kuliah pasti sering berpindah-pindah kelas karena mengikut mata kuliah yang kamu ambil. Nah, di sini lah kamu harus mencari teman baru. Ingat, relasi itu penting guys.

12. Dekat minimal dengan satu dosen

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: ulorientation.wordpress.com

Dekatilah salah satu dosen favoritmu, atau dosen yang berpengaruh di kampusmu. Dekati di sini bukan dijadiin gebetan yah. Tapi kamu bisa menjalin keakraban dengan dosen kampus. Akrab dengan salah satu dosen bisa jadi senjata pamungkas di saat skripsi nanti. Karena kalau akrab, sang dosen bisa saja membantu perkuliahanmu ketika kamu lagi kesusahan.

13. Fokus pada dirimu sendiri

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: bustle.com

Fokuslah pada pengembangan diri. Jauhi segala hal yang mungkin bisa mengganggumu.

14. Kunjungi satu tempat baru minimal sekali dalam sebulan

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: worldofwanderlust.com

Untuk menghindari kebosanan, nggak ada salahnya kamu menjadwalkan traveling sekali dalam sebulan. Mengunjungi tempat yang baru bisa membuat pikiran menjadi fresh. Bersama teman-teman lebih asyik, tapi kalau harus solo hiking? Siapa takut!

15. Terakhir, jangan lupa bahagia!

15 Resolusi tahun baru yang bisa bikin mahasiswa moncer studinya

foto: giphy.com

Last but not least. Jangan lupa bahagia guys! Nikmati masa mudamu dengan berbagai kegiatan positif. Dekati dirimu dengan orang-orang yang positif. Ingat selalu, masa kuliah itu bisa menjadi masa paling dikenang selama hidupmu.

(brl/pep)