Brilio.net - Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang bisa ditemukan di Indonesia. Beragam rasa dan manfaat pun bisa didapatkan dari buah-buah tersebut. Tapi dari berbagai jenis buah-buahan, ada beberapa yang terlihat kurang menarik tampilannya.

Nggak seperti Jeruk Florida atau Apel Washington yang punya tampilan sangat menarik. Buah-buah ini justru berbentuk dan berwarna aneh, padahal rasanya juga nggak kalah enak. Pepatah 'dont judge a book by its cover' rasanya cocok disematkan kepada buah-buah ini.

Kira-kira buah apa saja ya? Yuk, simak 15 buah yang dari luar terlihat nggak menarik, padahal rasanya maknyus yang dirangkum brilio.net, Jumat (4/12).

1. Durian

foto: buydurian.com

Rasanya hampir semua orang Indonesia setuju kalau buah ini adalah yang paling lezat. Walaupun ada beberapa yang membencinya karena aromanya menyengat. Tapi dari harganya yang mahal saja sudah menunjukkan kalau buah ini banyak dicari.

Punya kulit yang berduri tajam membuat buah ini terlihat agak menyeramkan. Bayangin saja jika buah ini jatuh tepat dikepalamu.

2. Salak

foto: garudamagazine.com

Berwarna coklat kehitaman dan bersisik tajam, membuat salak terlihat aneh. Padahal rasanya yang kecut-kecut manis membuat buah ini menjadi yang paling dicari.

3. Srikaya

foto: id.wikipedia.org

Mempunyai kulit berbentuk seperti otak dan berwarna hijau membuat buah srikaya juga nggak kalah aneh. Padahal rasanya yang manis membuatnya cukup digemari. Srikaya juga merupakan sumber zat besi yang baik.

4. Nangka

foto: flickriver.com

Hampir sama seperti durian, buah nangka juga memiliki tekstur kulit yang berduri, meski nggak setajam durian. Buah ini nggak cuma enak dimakan langsung, tapi juga maknyus dibuat sayur.

5. Sirsak

foto: konsultankolesterol.com

Siapa yang nggak suka Sirsak? Rasanya yang manis-manis kecut banyak disukai orang. Walaupun memiliki bentuk kulit yang cukup menyeramkan dengan duri-duri tajam disekelilingnya.

6. Kedondong

foto: bestofmalaysia.50webs.com

Buah ini biasa digunakan untuk rujak. Rasanya yang kecut cocok disandingkan bersama mangga atau nanas. Tapi dari penampilan? Sepertinya nggak begitu menarik.

7. Bengkuang

foto: cakewreck.blogspot.com

Karena khasiatnya, buah bengkuang banyak digunakan untuk kecantikan. Padahal dari bentuk dan warnanya nggak menarik sama sekali. Berwarna coklat dan keras membuat bengkuang malah mirip seperti umbi-umbian.

8. Rambutan

foto: greenblender.com

Bagi orang Eropa pasti jarang melihat buah ini. Berbentuk bulat dengan kulit berambut kasar membuat buah ini terlihat aneh. Padahal rasanya juga maknyus.

2 dari 2 halaman

9. Kurma

foto: hamil.co.id

Buah kurma identik dengan bulan Ramadan. Memiliki tekstur yang mengkilat dan berkerut, membuat kurma terlihat kurang menarik. Tapi rasa dan khasiatnya, jangan ditanya lagi deh.

10. Sawo

foto: rustadhie.blogspot.com

Sawo berbentuk bulat lonjong dan berwarna coklat. Tekstur kulitnya memiliki bulu halus membuat geli orang jika dipegang. Tapi rasanya yang manis bikin banyak orang menyukainya.

11. Alpukat

foto: pugiherbal.blogspot.com

Buah ini biasanya selalu ada di kedai jus. Tapi bentuk dan warnanya ketika matang juga nggak begitu menarik.

12. Nanas

foto: manfaatbagus.com

Penampilannya bersisik tajam dan hanya tumbuh di daerah tropis. Nggak hanya memiliki rasa yang lezat buah ini juga mempunyai khasiat yang baik, seperti kandungan vitamin C yang mengalahkan jeruk.

13. Duku

foto: en.wikipedia.org

Duku merupakan buah identitas Sumatera Selatan. Berwarna coklat pucat membuat buah ini terlihat kurang menarik. Tapi rasanya juga nggak kalah lezat.

14. Asem

foto: perutgendut.com

Buah asem memiliki nama latin Tamarindus indica. Bentuknya aneh tapi rasanya yang asam banyak digemari. Utamanya digunakan untuk pelengkap bumbu dapur.

15. Matoa

foto: indonesiakaya.com

Buah ini memang jarang diketahui banyak orang. Banyak yang menjuluki buah ini Durian Papua. Karena memang banyak tumbuh di sana dan memiliki aroma seperti durian. Bentuknya seolah nggak bisa dimakan, padahal rasanya manis menggoda.

Gimana guys, ada yang mau nambahin? Tulis di kolom komentar ya.