Brilio.net - Perang menjadi peristiwa yang sangat ditakuti di berbagai belahan dunia. Apalagi hidup di negara yang sedang berperang, tentu bukan sesuatu yang mudah. Bahkan, warga sipil kerap sekali menjadi korban dari peperangan. Bagaimana pun perang tetap menyimpan kisah sedih bagi setiap korbannya.

Berikut 14 foto menggambarkan kondisi perang yang menyayat hati, seperti dilansir brilio.net dari Listverse, Jumat (22/1):

1. Tangisan seorang anak prajurit di pemakaman ayahnya

Kristen Golczynski masih berusia 8 tahun saat ayahnya Sersan Marc Golczynski ditembak saat sedang menjaga perbatasan perairan di Irak. Bocah ini dengan kepala tegak mencoba menahan air mata saat menerima bendera dari angkatan laut sebagai tanda penyerahan jasad ayahnya untuk di makamkan. Foto Kristen ini membuat banyak orang tersentuh.

2. Korban perang Vietnam

Salah satu kekejaman yang berlangsung saat perang Vietnam adalah penggunaan herbisida yang disemprotkan diseluruh wilayah yang banyak membuat anak-anak menderita cacat fisik. Foto di atas diambil pada tahun 2006 yang memperlihatkan seorang veteran Vietnam yang memandikan anaknya berusia 14 tahun.

3. Perang Inchon

Perang yang dimulai pada tanggal 25 Juni 1950 di Inchon, Korea Selatan, juga menelan korban yang cukup banyak dari warga sipil. Hal yang sempat menyayat hati ketika melihat foto anak kecil menangis seorang diri setelah kedua orang tuanya meninggal.

4. James E Callahan

Foto yang membuat trenyuh berikutnya datang dari seorang petugas medis James E Callahan yang saat itu sedang bertugas di perang Vietnam. Dengan penuh perjuangan dia memberikan pertolongan pertama kepada seorang anak yang tertembak meski pada akhirnya anak itu tetap tidak tertolong.

5. Prosesi pemenggalan kepala

Foto ini memperlihatkan bagaimana seorang Sersan Australia bernama Leonard Siffleet dipenggal kepalanya oleh prajurit Jepang.

6. Tulang-tulang tentara yang berhamburan di medan perang

Perang yang terjadi pada tanggal 31 Mei 1864 di Afrika mengorbankan ribuan tentara. Tulang-tulang tersebut menjadi saksi betapa mengerikannya serangan yang berlangsung selama 4 hari itu.

7. Interogasi Rhodesia

Konflik yang terjadi di Afrika pada tahun 1964-1979 ini menelan ratusan korban jiwa. Warga sipil diburu dan dibunuh.

8. Perang Irak

Foto yang diabadikan oleh Chris Hondros di Irak pada tahun 2005 silam ini memperlihatkan betapa anak-anak adalah bagian yang paling terluka dalam perang.

9. Bom Massawa

Pada 29 Mei 1991 menjadi hari kelam bagi masyarakat Ethiopia yang harus menghadapi bom berjatuhan dari udara dan merenggut ratusan jiwa warga sipil.

10. Pertempuran Guadalcanal

Pertempuran panjang yang terjadi di Guadalcanal pada tahun 1942 memperlihatkan bagaimana rasa kemanusian benar-benar dilupakan. Rakyat sipil meninggal tanpa dievakuasi hingga menjadi mayatnya membusuk. Foto ini berhasil diabadikan oleh fotografer perang Ralph Morse.



KLIK NEXT UNTUK MELIHAT FOTO LEBIH NGERI DAN MURAM!

2 dari 2 halaman

11. Bayi menangis, Shanghai, China

Bayi ini tertangkap kamera sedang menangis di antara reruntuhan bangunan akibat bom dan serangan darat di wilayah Mancuria, Shanghai, China pada tahun 1937.

12. Tentar Jerman Timur relakan nyawanya untuk selamatkan seorang bocah

Foto dramatis bagaimana tentara Jerman Timur ini berusaha menolong seorang bocah dari Jerman Barat sesaat sebelum dirinya tertembak karena dianggap menjadi pengkhianat.

13. Perjuangan wanita Mongolia

Foto yang diabadikan oleh Stefan Passe ini memperlihatkan bagaimana seorang wanita Mongolia berusaha membebaskan diri dari pasungannya. Ya, saat perang Mongolia, penyiksaan yang diberikan berupa pemasungan hingga meninggal.

14. Sepasang bocah dari Nagasaki, Jepang

Sesaat setelah bom atom menyerbu Nagasaki, Jepang, menyisakan ingatan masa lalu yang cukup kelam bagi warga Jepang. Seorang anak laki-laki tertangkap kamera sedang menggendong adiknya yang telah meninggal. Dia terus menggendong adiknya hingga mendapatkan tempat pemakaman.