Brilio.net - Musim hujan telah tiba, sudahkah kamu mempersiapkan peralatan 'perangmu'? Cek kembali mantel hujan, sandal cadangan bahkan sampai baju cadangan setiap hari. Meski hujan adalah berkah, namun ada saja hal ngeselin yang hanya dirasakan para pengendara motor seperti sekarang ini.

Nah, bagi kamu yang memang kendaraan utamamu sepeda motor, pasti pernah mengalami paling nggak satu dari dua belas penderitaan yang cuma dialami pengendara sepeda motor seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (30/11):

1. Kecipratan pengendara lain

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: dewataspeedblog.files.wordpress.com

Loading...

Sedihnya jadi pengendara motor pas musim penghujan selalu dapat 'rezeki nomplok'. Yap, rezeki nomplok kena cipratan kubangan air jalanan. Pernah nggak sih ngalamin lagi enak-enak nyetir motor tiba-tiba ada mobil atau pengendara lain lewat pas ada kubangan air di jalan, kena deh!

2. Lupa bawa mantol

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: http://corelita.com

Sebaiknya persiapkan mantel hujan setiap hari saat musim penghujan. Apes banget kan, kalau itu mantel ketinggalan?

"Nyesek itu ketika di tengah jalan hujan, buka jok motor dan ternyata mantel lupa dibawa," kata Rahma, mahasiswi yang sehari-hari menggunakan sepeda motor.

3. Basah kuyup sampai tujuan

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?foto: giphy.com

Jika tiba-tiba di jalan hujan, langsung deh minggir dan pakai mantel hujanmu. Jangan malah nekat basah-basahan. Kecuali kalau memang kamu lupa nggak bawa mantel. Kalau kamu nekat basah-basahan, ya akhirnya kamu akan basah kuyup sampai tujuan. Yakin, mau?

4. Hujannya labil

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?foto: http://indonesiautosblog.com

Nah, bukan cuma ABG saja lho yang suka labil, hujan pun juga bisa labil. Maksudnya, sebentar panas sebentar hujan. Jadi kamu pun harus berhenti berkali-kali di jalan buat melepas dan pakai lagi mantelmu. Duhh..

5. Lewat daerah yang banjir

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: http://campurdotkom.blogspot.co.id

Belum lagi kalau ternyata rute menuju kampus atau kantor kamu adalah daerah yang langganan banjir. Siap-siap deh menerjang banjir dengan motor kamu.

"Paling ngeselin, kalau harus lewat jalan yang banjir," kata Eka, salah satu pegawai swasta di Jakarta.

6. Motor macet

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: tegean.files.wordpress.com

Sering kehujanan, bahkan tergenang banjir membuat motor kamu jadi rawan macet. Entah businya yang ngadat atau mesin motor yang kemasukan air.

"Kalau musim hujan gini, siap-siap deh motor jadi gampang macet," tambah Eka lagi.

7. Motor jadi kotor

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?foto: http://www.aktualpost.com/

Kondisi jalanan yang becek dan basah akan membuat motor kamu pun cepat kotor. Nggak heran kalau motor kamu akan semakin terlihat seperti kendaraan habis dari sawah saat musim hujan gini.

8. Jalan licin awas jatuh

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: hondafans.club

Selain masalah daerah rawan banjir, pengendara motor juga harus lebih hati-hati di jalan. Jalan yang kena air hujan akan menjadi licin, dan rawan membuat pengendara jatuh. Makanya, kamu perlu periksa keadaan ban motor kamu ya dan jangan ngebut di jalanan.

"Tahun lalu, pernah jatuh gara-gara ngerem mendadak dan pas jalannya licin setelah hujan," kata Rony, mahasiwa semester akhir di Yogyakarta.

9. Make up luntur

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: giphy.com

Gimana rasanya sudah dandan maksimal, tapi tiba-tiba harus kehujanan di jalanan. Dan yang bikin kesal lagi, kalau sampai tujuan, make up yang tadinya sudah rapi luntur seketika.Duhh

10. Sepatu basah

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: giphy.com

Pakai sepatu basah memang nggak nyaman banget, apalagi itu sepatumu satu-satunya. Nah, makanya jangan lupa selalu bawa sandal jepit buat mengganti sepatu kamu saat hujan.

11. Mantel belum kering sudah dipakai lagi

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?foto: http://aragani.com/

Karena setiap hari hujan, mantel yang baru kamu pakai semalam pun belum kering dan harus dipakai kembali pagi harinya. Daripada kamu basah kuyup ke kantor atau kampus terpaksa pakai mantel basah. Sama saja dong!

12. Udah dandan, eh malah hujan

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: giphy.com

Yap, musim hujan memang sering bikin kesal. Pasalnya kamu jadi nggak leluasa bepergian. Di hari yang kamu kira bakalan cerah, kamu pun merencanakan untuk pergi keluar bareng teman-teman. Tapi, selesai dandan tiba-tiba bresss! Hujan deras.

13. Gampang sakit

13 Derita ini cuma dialami pemotor di musim hujan, kamu pernah?

foto: giphy.com

Di musim hujan memang semakin banyak penyakit menyebar, mulai dari flu, demam, masuk angin sampai diare. Apalagi jika badan kamu setiap hari harus terkena air hujan. Nggak heran kalau saat musim hujan gini kamu jadi gampang sakit. Jaga kesehatan ya Guys!

Kalau kamu, paling sering ngalami yang mana?