Brilio.net - Memang nggak diragukan lagi kalau Indonesia adalah negara luas dengan kekayaan alam melimpah dan memiliki ribuan jenis flora dan fauna. Bahkan, baru-baru ini ditemukan kandidat spesies flora dan fauna baru di Pulau Enggano. Pulau ini terletak di Samudera Hindia, sekitar 100 km berada di sebelah barat Pulau Sumatera, dengan luas sekitar 402,6 kilometer persegi dengan garis pantai panjang 106,7 km dan titik tertingginya (Bukit Koho Buwabuwa) hanya sekitar 281 mdpl.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) lintas satuan kerja, seperti dari Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitian Bioteknologi, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, dan Pusat Penelitian Biomaterial.

Penelitian yang dipimpin oleh Amir Hamidy tersebut juga berhasil mendata berbagai kekayaan fauna maupun flora yang selama ini jarang terjamah. Dari jenis fauna terdapat 35 jenis burung, 13 jenis mamalia kecil, 3 jenis mamalia besar, 13 jenis reptil, 2 jenis amfibi, 52 jenis ikan, serangga (ngengat 100 jenis, 4 kupu-kupu, capung 15 jenis, lalat buah 3 jenis), 24 jenis moluska, dan 25 jenis krustasea.

Wow, banyak banget ya guys. Nah, ini dia kandidat spesies-spesies fauna baru itu:

1. Cynopterus brachyotis - mamalia

picture: www.realbutterflygifts.com

2. Hipposideros cervinus - mamalia

picture: www.flickriver.com

3. Stiphodon sp - ikan

picture: www.rainbowfish.info

4. Hypseleotris sp - ikan

picture: www.flickr.com

5. Redigobius sp - ikan

picture: ffish.asia

6. Stenogobius sp - ikan

picture: blog.goo.ne.jp

7. Schismatogobius sp - ikan

picture: www.seriouslyfish.com

8. Ambassis sp - ikan

picture: www.fishesofaustralia.net.au

9.  Mugilogobius sp - ikan

picture: www.flickr.com

10. Macrobrachium bariense - udang

picture: en.wikipedia.org

11. M. Placidulum - udang

picture: jocv183199.web.fc2.com

(brl/fen)

(brl/fen)