Brilio.net - Setiap fase kehidupan memang selalu membawa perubahan. Mulai dari masa kecil, remaja hingga dewasa, setiap orang selalu mengalami perubahan. Bisa dibilang perubahan besar yang dialami oleh setiap orang terletak pada usia 20-an. Di mana anak muda selepas kuliah mulai mengalami transisi dari kuliah ke dunia kerja yang tentunya 180 derajat berbeda.

Nah, kira-kira apa aja sih perubahan yang dialami anak muda ini? Yuk, kita bahas bareng brilio.net, Kamis (5/11).

1. Giat cari kerja

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?foto: news.com.au

Job fair dan career center udah jadi tongkronganmu. Mulai lowongan yang ditawarkan universitas hingga iklan lowongan pekerjaan dari koran dan internet pun jadi hal yang familiar buat kamu. Pada masa ini kamu akan belajar menghadapi penolakan dan kegagalan. Awal-awal mungkin sempat membuatmu putus asa, tapi lama-lama kamu pun jadi tahan banting dan semakin giat mencari kerja.

2. Kelewat girang saat diterima kerja pertama kali

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?foto: istimewa

"Ada perasaan lega luar biasa saat diumumkan keterima kerja. Aalagi saat itu saya sudah sempat agak putus asa," ujar Wiwik salah satu karyawan di perusahaan distribusi. Saking bahagianya kamu pun menunjukkan antusiasme yang tinggi. Bahkan ada rasa bangga saat kamu memakai baji dinas kerjamu. Kece abis!

3. Mau nggak mau harus bangun pagi

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?foto: washingtonpost.com

Kamu yang zaman kuliah bisa bangun seenaknya aja, kali ini nggak bisa kamu lakukan. Saat kamu ada kuliah pagi dan bangun telat, mungkin kamu dengan mudah saja titip absen kepada temanmu. Tetapi dalam dunia kerja, kamu nggak bisa sesuka hati. Masalahnya ini nanti akan menyangkut masa depanmu di perusahaan tempat kamu kerja.

4. Say no to begadang

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?

Semasa kuliah mungkin fisikmu seakan tahan banting. Kamu bisa saja semalaman begadang untuk mengerjakan tugas atau sekedar maraton nonton film. Setelah bekerja, kebiasaan ini mulai hilang. Kamu pun mulai mengatur waktu tidurmu dengan lebih bertanggung jawab karena pada paginya, pekerjaan sudah siap menunggumu.

5. Nggak ada yang lebih bahagia saat Jumat tiba

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?

foto: twicsy.com

Bisa dibilang, hari Jumat adalah hari pelepasanmu setelah lima hari bekerja. Nggak heran selepas kerja di hari Jumat kamu sering pergi bersenang-senang atau sekadar ngopi di kafe.

6. Sabtu dan Minggu terasa berlalu begitu cepat

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?foto: memecomic.com

Hari Sabtu dan Minggu pun sering kamu jadikan untuk bermalas-malasan atau melakukan kegiatan yang kamu sukai. Dua hai itu sebenarnya cukup untuk bersantai, tapi nggak tahu kenapa hari libur rasanya cepat sekali berlalu. "Dari Senin ke Sabtu butuh lima jari, tapi kok Sabtu ke Senin cuma dua hari yaa!" ujar Wiwik berkelakar.

7. Kamu mulai memiliki dana untuk memanjakan diri

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?

foto: asianparent.com

Sudah bekerja, artinya kamu juga sudah menghasilkan uang sendiri. Saat masih kuliah tentunya kamu akan merasa sayang kalau membeli barang-barang mahal. Namun kamu menemukan kenikmatan juga saat dapat membeli barang yang kamu sukai dengan uang hasil kerja kerasmu.

8. Tanggung jawabmu kepada keluarga pun mulai muncul

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?

Saat kamu secara finansial mulai berkecukupan maka rasa tanggung jawabmu kepada orangtua dan keluarga pun mulai muncul. Kamu merasa, inilah saatmu membalas budi kepada orangtuamu. Kamu akan menawarkan membantu membayar tagihan listrik atau memberi uang saku bulanan untuk adikmu. Wuih, kamu kakak yang hebat!

9. Menjadi lebih bijak dalam pengeluaran

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?

Walaupun kamu suka memanjakan diri dengan membeli barang-barang, tapi kamu tetap bijak dalam mengelola uang. Karena kamu tahu bagaimana susahnya cari uang. Beda dengan kamu yang masih mahasiswa, uang tinggal sedikit tinggal minta kiriman orangtua.

10. Kamu juga mulai memikirkan jodoh dengan serius

10 Perubahan dari kuliah ke dunia kerja ini, ngalamin kan?

Nah, ini dia yang nggak kalah penting. Walaupun mungkin kamu masih muda namun saat sudah bekerja, mau nggak mau kamu pasti akan kepikiran soal jodoh. Kamu yang sudah memiliki pacar pun pasti akan mulai membicarakan hubungan kalian ke jenjang yang lebih serius. Bagi yang masih jomblo pun mulai mencari pacar dengan serius. Artinya, dia mencari pacar untuk dijadikan pendamping hidup bukan sekedar main-main saja. Kamu sendiri gimana? Sudah ketemu jodoh belum?

(brl/swh)

(brl/swh)