Brilio.net - Berkembangnya teknologi saat ini rupanya dimanfaatkan dengan baik oleh bidang-bidang lain seperti science, seni, kesehatan, dan lainnya. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai jenis teknologi baru yang memang khusus diciptakan untuk cabang-cabang ilmu lainnya. Ambil contoh di bidang kesehatan. Tahukah kamu bahwa saat ini ternyata semua orang dapat melakukan tes HIV dan juga Syphilis hanya dengan aplikasi smartphone?

Ada sebuah tim dari Columbia University yang dipimpin oleh profesor Samuel K Sia menciptakan aplikasi pada smartphone yang dapat mengetahui apakah sesorang terjangkit HIV maupun sifilis hanya dalam 15 menit. Tes ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sebuah alat yang dipasangkan pada smartphone sebelum kemudian mengaktifkan aplikasi dalam ponsel tersebut.

Cukup mudah untuk menggunakan alat dan aplikasi ini, yang pertama kamu cukup mengambil sample darah seperti saat kamu melakukan tes darah. Kemudian letakkan sample darah tadi pada alat khusus yang nantinya akan disambungkan dengan smartphone kamu. Setelah alat sudah tersambung, cukup buka aplikasinya, masukkan saja nomer pasiennya, 15 menit kemudian hasil tes sudah dapat dilihat pada layar smartphone.

“Kami semua sangat menantikan untuk dapat menyempurnakan produk ini sebelum akhirnya memasarkannya ke negara-negara lain. Dan kami juga yakin bahwa alat ini dapat sangat membantu masyarakat umum dan juga dunia medis”, papar Sia pada huffingtonpost.com (10/2).

Ternyata data dari Planned Parenthood menyebutkan bahwa ada sekitar 1/6 dari 1,1 juta masyarakat Amerika tidak mengetahui bahwa mereka mengidap HIV positif. Maka dari itu alat ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan tes pada dirinya sendiri yang pasti dengan kerahasiaan yang juga terjaga.