Brilio.net - Pasien yang menjalani tindakan medis seperti operasi biasanya akan berbaring dengan tenang dan diam. Pasalnya selama proses operasi pasien akan dibius lokal atau bius total. Namun hal ini tampaknya tak berlaku bagi Carlos Aguilera (27). Musisi jazz ini malah bermain saksofon saat menjalani operasi tumor otak di rumah sakit. Dokter di spanyol yang menangani operasi itu pun terkagum-kagum seolah tak percaya.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari The Washington Post, Jumat (25/12), operasi berlangsung selama 12 jam pada Oktober 2015 di Rumah Sakit Malaga. Ada sekitar 16 dokter dan perawat dalam ruangan itu. Dengan hanya diberikan bius lokal, dokter meminta Aguilera untuk membaca beberapa lembar musik dan bermain saksofon. Awalnya dokter sempat khawatir permainan musiknya dapat mengganggu jalannya operasi tapi kenyataannya malah sebaliknya.

Di Eropa, peristiwa operasi pasien sambil memainkan alat musik merupakan yang pertama kalinya terjadi. Tetapi dengan kemajuan teknologi, operasi tumor otak dengan bius lokal bisa dilakukan. Bius lokal memungkinkan pasien tetap sadar dan bisa berkomunikasi selama operasi. Selain itu untuk memastikan bahwa daerah-daerah kritis di bagian otak belum rusak selama operasi.

Meskipun operasi Aguilera berlangsung pada bulan Oktober, ia tetap berada di rumah sakit Malaga sampai benar-benar pulih. Selain itu ia juga mengadakan konferensi pers dan merilis video pendek. Video Carlos bermain saksofon saat operasi pun akhirnya dibuka ke publik setelah Carlos benar-benar pulih.

"Saya seperti sedang berbaring di pantai. Rasanya tak percaya bahwa di video itu adalah saya. Dua bulan yang lalu saya berbaring di ranjang rumah sakit dan sekarang hidup menunggu saya. Saya seperti telah dilahirkan kembali," kata Carlos dalam jumpa pers di Spanyol.

Kini Aguilera sepenuhnya pulih dan ia kembali menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan bermain saksofon dan kembali bergabung dengan orkestra. Dan berikut video Aguilera bermain saksofon saat operasi.