Brilio.net - Kotagede, Yogyakarta akan menjadi tuan rumah pagelaran keroncong pada Sabtu, 3 Desember 2016. Di sekitar Pasar Legi Kotagede akan berdiri 3 panggung yang akan menampilkan para penyanyi dan orkes keroncong.

Gelaran bertajuk Pasar Keroncong Kotagede 2016 ini merupakan kali kedua diselenggarakan gelaran musik keroncong semalaman. Acara itu akan diselenggarakan pukul 19.00-24.00 WIB dengan bintang utama Oppie Andaresta, Oppie Andaresta, Woro (Di atas rata-rata), Syaharani, Subarjo HS, Yati Pesek, dan Retno Handayani. Tak hanya itu, ada 16 orkes keroncong yang akan menyajikan berbagai gaya dan aliran musik yang berbeda layaknya sebuah pasar dengan berbagai aktivitasnya.

Pasar Keroncong Kotagede © 2016 brilio.net

Tiga panggung pada Pasar Keroncong Kotagede 2016 ini adalah Panggung Loring Pasar di utara Pasar Kotagede,

Panggung Sayangan di Kampung Sayangan utara Masjid Besar Mataram, dan Panggung Sopingen di halaman Pendopo Sopingen. Penonton diberi keleluasaan untuk memilih orkes yang diminati di 3 panggung berbeda. Tak hanya panggung pertunjukan, pengunjung juga akan disuguhi karya kreasi tim artistik yang nantinya akan memperkental nuansa Kotagede sebagai ibu kota Keroncong.

Loading...

Pasar Keroncong Kotagede © 2016 brilio.net

Pihak penyelenggara, Muhammad Natsir Dabey menyebutkan jika munculnya acara ini terilhami dari Ngayogjazz yang diadakan di Kotagede pada 2011 lalu. Dari situ, mereka akhirnya terpikir untuk membuat panggung serupa untuk musik keroncong di Yogyakarta.

"Keroncong merupakan bagian dari potensi Kotagede. Kotagede sebagai kota tua pada masa lalu sudah banyak pengusaha perak dan menjadi tempat subur tumbuh kembangnya musik keroncong. Di kota inilah beragam aliran keroncong berkembang dan menjadi titik penting perkembangan musik ini," jelasnya pada acara Temu Media Pasar keroncong Kotagede 2016 di Kedai Kolega, Jogjatorium, Dagadu Djogja, Yogyakarta, Rabu (30/11).

Natsir menambahkan jika titik panggung pelaksanaan acara ini dipilihkan tempat yang mempunyai nilai historis tinggi di Kotagede. Sehingga selain menikmati keroncong, pengunjung juga sekaligus dikenalkan dengan sejarah yang ada di Kotagede.

Jika tahun lalu hanya diikuti oleh orkes keroncong dari Kotagede, tahun ini gelaran Pasar Keroncong Kotagede 2016 sudah diikuti oleh orkes keroncong dari berbagai kota seperti Bandung, Malang, Semarang. Acara pada 3 Desember mendatang ini rencananya akan dibuka oleh Slamet Raharjo.

Dengan tagline 'Keroncong Jiwa Raga Kami' Pasar Keroncong Kotagede tidak hanya menampilkan orkes mendayu dan menjadi klangenan orang tua, event ini juga mementaskan orkes keroncong anak muda. Satu bukti bahwa keroncong juga banyak disukai kaum muda, dengan berbagai gaya dan aliran yang itu akan memperkaya ragam keroncong. Yuk, ramai-ramai nimati keroncong bareng pasangan atau kerabat!