Brilio.net - Yang namanya gamers, pasti jelas banget nggak bisa dipisahkan sama game yang lagi dimainin, ya nggak? Banyak banget game yang ada sekarang, sampai-sampai bingung milihnya mau main yang mana dulu.

Padahal kalau kamu perhatikan, nggak melulu soal gamenya lho, permainan-permainan tersebut rupanya juga menyimpan pesan-pesan tersembunyi yang bisa banget kamu gunain sehari-hari. Penasaran apa aja pesan moral luar biasa yang ada di game-game tersebut?

Yuk, intip pesan-pesan yang tertanam di 10 game fenomenal berikut ini, sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/11), buat kamu. Check them out!

1. LINE Let’s Get Rich.

pesan moral game berbagai sumber

foto: 6yes.net

LINE Let's Get Rich adalah sebuah adaptasi permainan papan klasik monopoli yang akan membuat kamu bernostalgia tentang permainan monopoli zaman kecil dulu. Konsepnya pun sama seperti permainan monopoli pada umumnya. Hanya saja game yang satu ini mengharuskan kamu main di smartphone.

Namun begitu, kamu tetap bisa membeli properti seperti rumah, hotel, juga kota-kota di dunia. Kamu juga harus melempar dadu untuk maju di papan permainan, lho. Nah, pesan moral yang bisa banget kamu dapet saat memainkan game ini antara lain:
- Kamu bakal belajar yang namanya mengelola keuangan.
- Kamu bakal belajar untuk membelanjakan uang dengan bijak, maksudnya adalah mengedepankan kebutuhan daripada keinginan.

2. Disney Catch Catch.

pesan moral game berbagai sumber

foto: disneycatchcatch.playpark.com

Disney Catch Catch adalah sebuah mobile casual game yang menampilkan karakter popular dari dunia Disney dan Disney-Pixar. Selain itu, game ini merupakan game Disney pertama yang dipublish di Asia Tenggara.

Kamu dapat menikmati momen favorit dari Disney dan Disney-Pixar melalui permainan puzzle di Disney Catch Cacth ini. Nggak cuma itu, pesan moral yang bisa kamu ambil dari game ini adalah:
- Game yang satu ini adalah game yang bisa dimainkan untuk semua kalangan dan umur, terutama kamu yang juga fans Disney. Itu tandanya, game ini cocok banget untuk bernostalgia yang nantinya akan membantu menguatkan memorimu.
- Karena game ini gampang dimainkan oleh anak-anak dan tetap menyenangkan juga untuk dimainkan para orang dewasa, game ini jadi salah satu pilihan game keluarga yang cocok buat kamu juga orang tersayang.

3. LINE Rangers.

pesan moral game berbagai sumber

foto: official-blog.line.me

Kalau kamu nggak suka sama yang namanya strategi, salah satu game yang kamu harus coba adalah LINE Rangers. LINE Rangers adalah game yang tidak memiliki banyak strategi di dalamnya. Namun, kamu harus mengetahui dengan jelas fungsi dari setiap fitur dan mengenali prinsip dasar game ini, yang nantinya akan membuat permainanmu semakin seru.

Lalu, apa yang bisa kamu dapetin dari game ini? Nih…
- Kemampuanmu dalam ketelitian atau kecermatan bakal teruji di sini. Soalnya kamu dituntun harus detail dan kenal sama dasarnya permainan game dari LINE Corporation ini.
- Kamu latihan untuk menggunakan amunisi yang tepat buat ngancurin lawan. Singkat kata, kemampuanmu mengatur strategi tetap terlatih di sini.

4. Clash of Clans.

pesan moral game berbagai sumber

foto: play.google.com

Clash of Clans adalah sebuah game strategi di mana kamu sebagai pemain harus punya komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy, elixir dan dark elixir. Kamu juga harus membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan.

Pesan utama yang ada di game ini tentunya adalah:
- Team work atau kerja tim. Kamu bakal belajar yang namanya membangun kekuatan tim untuk melawan musuh di game ini.
- Nggak cuma itu, kamu juga bakal belajar yang namanya membangun komunitas.

5. Clash Royale.

pesan moral game berbagai sumber

foto: clashroyale.com

Clash Royale adalah adalah game yang mirip dengan game Legendaris Clash of Clans. Game ini memiliki tipe strategi game yang menggabungkan unsur-unsur dari game kartu yang bisa didapatkan dengan memenangkan battle atau dengan membelinya.

Battle game Clash Royale ini dilakukan secara online dengan user lain di seluruh dunia. Game Clash Royale ini juga berbasis strategi menara pertahanan. Kalau cuma nyerang doang, dijamin kamu bakal kalah gitu aja. Jadi, game ini tuh ngajarin kamu untuk:
- Kelihaian berstrategi.
- Kesabaranmu teruji karena kudu mikirin banget strategi yang tepat.
- Kamu akan belajar dari hasil cara bermain pemain atau user lain.
- Karena kamu main sama user atau pemain lain, kamu akan belajar kerja sama tim dalam menghadapi lawan bersama.

6. Vainglory.

pesan moral game berbagai sumber

foto: mmos.com

Vainglory adalah game bergenre mirip Dota (atau disebut juga game MOBA atau Massive Online Battle Arena). Cara permainannya, kamu dan tim kamu harus menghancurkan markas lawan yang dijaga ketat oleh berbagai tower, sambil mempertahankan markas kamu yang juga selalu diserang oleh para creep atau minon dan hero lawan.

Apa yang bisa kamu dapetin dari game ini? Cek nih:
- Game ini ngajarin banget yang namanya multitasking. Gimana nggak? Kamu harus jaga markas, sekaligus harus bisa menghancurkan markas lawan, nah lho.
- Kamu juga dilatih untuk bekerja sama dengan tim untuk mempertahankan markas dan menang. Lebih bagus lagi kalau kamu bermain dengan pemain atau user yang ‘loyal’ sehingga kesolidan tim terjaga.
- Melatih ketenanganmu dan tim. Soalnya ketika udah menang banyak terus tiba-tiba kalah, ini pertanda kalian udah lelah.
- Fokus kembali dan mulai bermain tenang biar performa main juga optimal kembali.

7. Crisis Action.

pesan moral game berbagai sumber

foto: casa.herogame.com

Crisis Action adalah Game FPS online yang seru dan banyak dimainkan oleh generasi muda di zaman sekarang ini. Di dalam game Crisis Action ini ada banyak jenis senjata dan fitur yang dapat kamu mainkan seperti zombie, deathmatch, dan bomb mission.

Nah, dalam bermain game ini kamu bakal dapet nilai-nilai kayak:
- Keahlian menyerang dan bertahan tentunya sangat diperlukan kalau kamu mau menang bermain game yang satu ini.
- Kamu dilatih menjadi seorang prajurit yang kudu cerdas menyelesaikan misi yang ada.
- Kamu bisa bersosialisasi dengan pemain atau user lain karena Crisis Action dimainkan bareng-bareng dengan teman satu komunitas atau clan di game ini.

8. Dota.

pesan moral game berbagai sumber

foto: dota2.com

Dota adalah sebuah permainan multiplayer online battle arena. Dota dimainkan oleh dua tim yang beranggota 5 orang pemain, di mana setiap tim memiliki markas yang berada di pojok peta, dan setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient".

Tim yang ada harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang. Nah, dengan begitu pesan moral yang bisa kamu ambil dari main Dota antara lain:
- Belajar kerja sama tim sehingga melatih mengurangi keegoisanmu.
- Dari latihan kerja sama tim, kamu belajar untuk bertanggung jawab memikirkan tim kamu juga, bukan semata kemenangan diri sendiri.
- Fokus mengatur strategi untuk menang.

9. Dot Arena.

pesan moral game berbagai sumber

foto: play.google.com

Dot Arena adalah top PvP RPG pertempuran kartu aksi permainan Asia. Game ini mirip sekali dengan game Dota, lho. Yang membuatnya berbeda adalah nama-nama heronya. Di game ini kamu juga akan bisa belajar:
- Kerja sama tim itu pasti.
- Latihan mengatur strategi yang tepat buat ngalahin lawan.
- Fokus biar nggak lengah.

10. Steam.

pesan moral game berbagai sumber

foto: store.steampowered.com

Nah, kalau steam ini adalah distributor permainan digital milik Valve dengan cara membeli via pembayaran daring dengan media unduhan. Dengan adanya Steam, diupayakan agar pembajakan game yang marak bisa ditekan, guys. Cara kerjanya adalah dengan mengunduh perangkat lunak Steam, dengan begitu dapat dicek dan langsung membeli permainan yang ada. Wah, keren ya?


Eits, kamu jadi bingung mau mainin yang mana dari game-game seru di atas? Mainin aja semua. Nggak perlu khawatir paket data langsung jebol, yuk pakai Paket Data Game dari LOOP. Nggak cuma kuota tambahan 3GB untuk game favorit, kamu juga bisa dapetin berbagai penawaran menarik di game tersebut. Buruan aktifin Paket Data Game dari LOOP melalui ‘aplikasi LOOP kita’ atau hubungi *567*77#.

Serunya lagi, setelah kamu aktifin Paket Data Game, kamu akan mendapatkan kode khusus yang dapat ditukar dengan bonus item untuk game-game di atas. Keren nggak tuh? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek di sini nih. Selamat seru-seruan main game pakai Paket Data Game LOOP, guys!