Brilio.net - Musisi jalanan, tidak jarang mereka dipandang sebelah mata. Padahal, nggak sedikit dari mereka yang memiliki bakat luar biasa dengan kemampuan musikalitas yang mumpuni. Sejarah pun telah membuktikan, banyak musisi jalanan yang akhirnya bisa menorehkan prestasi gemilang bahkan melegenda di belantika musik Tanah Air. Salah satunya Iwan Fals, yang meniti karier sebagai musisi jalanan. Belum lagi mereka yang sukses menunjukkan bakat di ajang pencarian bakat di sejumlah stasiun televisi.

Berangkat dari hal tersebut, restoran The Surosowan yang merupakan salah satu unit bisnis PT Krakatau Sarana Properti (KSP) bakal menggelar ajang pencarian bakat bertajuk TS Got Talent Auditions. Ajang ini digulirkan untuk memberikan wadah bagi para musisi jalanan Kota Cilegon unjuk kemampuan agar bisa mewujudkan mimpi mereka mendapatkan panggung yang lebih layak dalam berkarya. 

Selain itu, ajang ini digelar untuk mencari talenta musisi jalanan berbakat di Kota Baja tersebut yang nantinya akan rutin menghibur para tamu di restoran The Surosowan. Proses penyeleksian awal ajang pencarian bakat ini sudah dimulai sejak 22 Februari lalu dan akan berakhir pada 6 Maret 2022.

Juara langsung dikontrak

Ajang musisi jalanan © 2022 brilio.net

Ajang ini akan memilih tiga orang finalis (maksimal satu kontestan terdiri dari tiga orang) yang nantinya mereka berkesempatan secara rutin dengan periode yang sudah ditentukan untuk menghibur para tamu direstoran The Surosowan, termasuk tampil di Hotel The Royale Krakatau pada momen dan kegiatan tertentu.

Nantinya penyelenggara akan memilih 10 besar kontestan dan akan lansung performance di The Surosowan untuk dipilih juaranya (tiga besar) dan akan disiapkan kontrak untuk mereka. 

“Saat ini kami membuka audisi dengan cara para seniman tersebut membuat rekaman video penampilan mereka dengan durasi 1-5 menit. Para pemusik bisa tampil dengan akustik menggunakan gitar, keyboard dan alat musik lainnya,” ujar Saeful Rochman Manager Corporate Secretary KSP yang juga sebagai panitia TS Got Talent Auditions.

Sementara Direktur Utama PT KSP Ridi Djajakusuma sekaligus inisiator ajang ini mengatakan, TS Got Talent Auditions digelar bertujuan untuk membantu para musisi dan seniman Kota Cilegon agar mendapatkan wadah yang lebih baik untuk bisa menyalurkan kemampuan mereka dalam dunia tarik suara sekaligus mencari rejeki ditengah kondisi masa pandemi saat ini. 

“Saat ini KSP lewat The Surosowan peduli terhadap musisi jalanan, namun ke depan saya juga berharap kami bisa membantu mengenalkan budaya lokal dan seniman lainnya seperti mengadakan festival budaya Banten atau mengadakan pameran seni lukisan di sini,” kata Ridi yang juga akan bertindak langsung sebagai salah satu juri bersama calon juri lain yakni Ivanka Slank dan Ikke Nurjanah.  

Sebagai orang yang pernah menjadi promotor musik dengan membawa sejumlah musisi papan atas Tanah Air tampil di Amerika Serikat, Ridi berharap ajang TS Got Talent Auditions bisa menjadi batu loncatan bagi para musisi Kota Cilegon untuk meraih impian mereka.