Brilio.net - Menyebut musik dan Korea Selatan, sebagian besar orang akan langsung menunjuk pada girlband atau boybandnya, atau yang disebut sebagai musik K-Pop.

Keberadaan idol groups mereka memang mencuri perhatian dunia. Bukan saja karena penampilan mereka yang fashionable, tapi juga kemampuan dancenya berhasil memukau para penggemar.

Ternyata selain K-Popnya, ada juga penyanyi yang beraliran jazz dari negeri ginseng ini yang juga memukau dunia dengan kelembutan suaranya.

Penasaran siapa saja?

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (11/10).

Loading...

1. Na Youn-Sun.

penyanyi jazz korsel © 2016 brilio.net

foto: younsunnah.com

Perempuan kelahiran 1969 ini adalah salah satu penyanyi jazz favorit di Korea Selatan. Tahun 1995 dia mendalami musik Jazz di Paris dan namanya mulai dikenal sejak saat itu. Atas kontribusinya terhadap musik di Prancis tahun 2009 silam, ia mendapat penghargaan Chevaliers of the Ordre des Arts et des Lettres, yaitu sebuah penghargaan untuk orang-orang yang berkecimpung dalam kesenian.

Saat ini diketahui ia sudah mengeluarkan delapan album yang dijual di banyak negara, di antaranya adalah Jerman, Belgia, Denmark, Swiss, China, Jepang, dan Malaysia.

2. Choyoung.

penyanyi jazz korsel © 2016 brilio.net

foto: officiallykmusic.com

Choyoung, perempuan muda asal Korea Selatan ini dikenal sebagai penyanyi jazz sejak masih kecil. Tak puas hanya mendapat pelajaran tentang musik jazz di Korea Selatan, ia pun masuk ke Berklee College of Music di Boston, Massachusetts.

Setelah lulus ia saat ini tengah disibukkan dengan jadwal manggung di Korea Selatan dan Amerika serikat dengan bandnya, MusiCoreAmerica.

3. JK Kim Dong-wook.

penyanyi jazz korsel © 2016 brilio.net

foto: soompi.com

Selain dikenal sebagai penyanyi jazz, pria berusia 40 tahun ini juga diketahui aktif sebagai aktor musikal serta MC. Tahun 2015 lalu ia terpilih untuk tampil dalam acara World Music Festival di Gwangju, Korea Selatan, bersama musisi-musisi dari berbagai negara lainnya.

4. Jang Yoon-ju.

penyanyi jazz korsel © 2016 brilio.net

foto: kdramawannabe.wordpress.com

Perempuan multitalenta ini berhasil mencuri perhatian dunia setelah mengeluarkan album pada tahun 2008. Ia yang sebelumnya lebih dikenal sebagai model, ternyata juga memiliki bakat yang luar biasa dalam musik jazz. Berbagai acara panggung musik jazz pernah memintanya menjadi pengisi acara.

5. Sunny Kim.

penyanyi jazz korsel © 2016 brilio.net

foto: jejuweekly.com

Sunny Kim, tahun 2012 lalu ia disebut sebagai penyanyi jazz pertama yang tampil di pagelaran Newport Jazz Festival. Ia bahkan sudah pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi jazz dari berbagai negara. Karena kemampuannya yang memukau banyak calon-calon penyanyi jazz muda yang memintanya memberi pelajaran privat.