Brilio.net - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ungkapan ini tepat disematkan pada penyanyi dan penulis lagu, Mezzaluna. Gadis berusia 20 tahun ini mengikuti jejak sang ayah, terjun di dunia musik. Meski begitu, ia tak ingin berada di bawah bayang-bayang nama besar sang ayah, Bimo Setiawan Almachzumi atau yang akrab disapa Bimbim Slank.

Terbukti, Mezzaluna baru saja merilis single debut sekaligus video musik In Situ lewat label OFFMUTE, label baru besutan Sony Music yang mendukung artis-artis Asia Tenggara dalam memperkuat musik mereka dan membangun basis pendengar lintas wilayah yang kuat dengan memanfaatkan promosi, pemasaran, dan pengembangan artistik dari para ahli dan SDM global. Mezzaluna sebagai artis Indonesia pertama yang bergabung dengan label OFFMUTE.

“Kesempatan yang aku dapat bersama OFFMUTE telah membuka banyak pintu di industri musik. Untuk pertama kalinya, aku merasa penuh optimisme dan ingin semua para pendengarku di Indonesia tahu bahwa mimpi bisa terwujud, dari mana pun kita berasal. Lahir di negara yang kaya dengan seni dan budaya, aku terinspirasi menciptakan musik dengan harapan dapat diterima secara luas. Aku ingin orang-orang melihat Indonesia dengan segala keindahannya,” papar Mezzaluna.

Mezzaluna © 2021 brilio.net

Menariknya, In Situ ditulis saat Mezzaluna berusia 15 tahun sekaligus sebagai tonggak awal ia mengawali perjalanan musiknya. Vokalnya yang kaya dan dalam, serta gaya penulisan yang bagaikan kisah pribadi sama sekali tidak memperlihatkan kemudaan usianya. Menunjukkan beban yang ada, tetapi juga kebijakan yang muncul dari rasa sakit hati. 

“Itu salah satu proses penulisan tercepat yang pernah aku lakukan karena jujur pada perasaanku. Prosesnya jadi lebih mudah. Karena itu berdasarkan pengalaman pribadi, aku hanya mengungkapkan isi hatiku,” jelasnya.

Karya bergenre jazz, neo-soul, dan alt-pop ini akhirnya terwujud melalui kolaborasinya dengan produser Indonesia, Gio Wibowo. “Bekerja bersama Gio dalam lagu ini terasa seperti mimpi bagiku karena aku tidak berpikir akan sampai sejauh ini. Semua berawal sebagai proyek kecil untuk seru-seruan yang kukira tidak akan berlanjut, tapi ternyata hasilnya sangat memuaskan dan aku sangat bangga,” katanya. 

Mezzaluna © 2021 brilio.net

Mengeksplorasi visi kreatif sebuah lagu adalah proses yang ingin OFFMUTE pertahankan bagi artis-artis yang bernaung di bawah labelnya. Mezzaluna pun mampu mewujudkan visinya untuk In Situ secara penuh dengan video musik yang menyertainya.

Disutradarai Deby Sucha dan diproduksi Howdy Productions Indonesia, video musik ini memperlihatkan kegelisahan dan kemurungan yang Mezzaluna nyanyikan di lagunya. Gambaran terang dan gelap yang saling bersanding mencerminkan kerentanan dan rasa putus asa yang samar, namun juga memancarkan ketegangan karena harus menunggu dalam keheningan dan ketidaksabaran.

“In Situ adalah lagu tentang menghubungi seseorang tanpa adanya respon sama sekali. Yang tersisa adalah perasaan putus asa hingga akhirnya kita menerima semuanya tanpa berharap atau memperjuangkan apa-apa lagi,” ungkap Mezzaluna.

Penasaran seperti apa lagu dan video musiknya? Nih simak deh