Brilio.net - Dunia musik cadas Tanah Air beduka. Gitaris Burgerkill, Aris Tanto atau yang biasa disapa Eben Burgerkill meninggal dunia, Jumat (3/9/2021) sore di RS Bungsu, Bandung, Jawa Barat.

Berita meninggalnya Eben pun membanjiri lini masa sosial media penikmat musik, termasuk Instagram @rockinlilo. Maklum, pada 31 Agustus 2021, Rockinlilo sebagai promotor, sukses menggelar konser 48 Tahun GodBless.

Eben Burgerkill © 2021 brilio.net Eben Burgerkill (kedua kiri) saat berkolaborasi dalam konser 48 Tahun GodBless, Selasa (31/8/2021) ketika menyanyikan lagu Syair Kehidupan. (@rockinlilo)

Dalam konser grup rock legendaris itu, Eben menjadi salah satu pengisi acara. Ia juga bahkan sempat menjadi pembawa acara sebelum menyanyikan lagu Syair Kehidupan milik GodBless bersama Kamila, LiLo, dan Agung Burgerkill.

“Tiada kata yang bisa menjelaskan perasaanku hari ini. Salah satu keinginan terakhirnya adalah bermain dengan GodBless. Saya bangga mengatakan dia mendapatkan keinginan terakhirnya. Beristirahat lah dengan tenang temanku,” tulis akun Instagram @rockinlilo.

Eben Burgerkill © 2021 brilio.net Tampil bersama sejumlah gitaris di konser 48 Tahun GodBless (@ezra.simanjuntak) 

Saat GodBless menyanyikan lagu Musisi, Eben juga ikut tampil bersama lima gitaris lain yakni Cella Kotak, Stevi Item dan Karisk Deadsquad, Agung Burgerkill  dan Ezra Simanjuntak.

Rasa kaget juga dialami Ezra. Dalam akun instagramnya, ia mengungkapkan kekagetannya mendengar kabar salah satu gitaris terbaik skena metal Indonesia berpulang. Apalagi, Ezra baru saja satu panggung bersama Eben di acara konser God Bless.

Eben Burgerkill © 2021 brilio.net @yans_brilio

“Gw masih shock. Terima kasih telah menjadi pejuang dan pejuang sejati di kancah metal kami, untuk pertarungan yang bagus, hal-hal yang telah lo capai. Lo legendaris. Juga tuk obrolan kita terakhir di belakang panggung Selasa kemarin (konser God Bless). Gue tidak akan pernah melupakan itu,” tulis Ezra.

Kabar meninggalnya Eben Burgerkill dirilis akun Instagram @burgerkillofficial. “Bismillahirrahmaanirrahim, innalillahi wainnalaihi raaji'un, telah pergi meninggalkan kita semua Bapak Aries Tanto a.k.a Eben Burgerkill, hari ini, 3 September 2021 pukul 16:15. Almarhum meninggal dunia dengan tenang di Bandung. Atas nama Almarhum, keluarga, dan keluarga besar Burgerkill kami memohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dan kekhilafan Almarhum semasa hidupnya. Kami juga memohon doa agar Almarhum diterima iman, islam, serta amal ibadahnya di sisi Allah SWT, serta semua yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keiklasan. Aamiinn Yaa rabbal Aalaamiin.”

Eben Burgerkill © 2021 brilio.net @hammersonicfest/@hellprint_official

Eben dikabarkan kolaps saat taping untuk acara konser online Distorsi Keras. Kemudian ia dibawa ke rumah sakit. Namun setibanya di sana Eben dinyatakan telah meninggal. Saat itu Burgerkill sedang taping bersama Padi Reborn. Diduga Eben terkena serangan jantung.   

Seperti ditulis akun Instagram @hellprint_official, bisnis yang dikelola Burgerkill, dikabarkan Eben meninggal dunia saat baru selesai satu lagu ketika syuting. Ia tiba-tiba terkapar lemas sambil memeluk gitar kesayangan sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia. Sontak kabar duka ini menggemparkan para penikmat musik, khususnya para penggila musik metal.

Selamat jalan Kang Eben, Rest In Power!