Brilio.net - Nama Coldplay kembali ramai diperbincangkan di media sosial setelah mereka mengumumkan kolaborasi baru dengan boyband Korea Selatan yang mendunia, BTS. Kabar gembira ini disampaikan Coldplay lewat tweetnya pada Senin (13/9), "My Universe // Coldplay X BTS // Exclusive song preview on TikTok now." Tentunya ini menggemparkan fans dan warganet, sampai-sampai berita ini menjadi perbincangan non-stop dan trending di Twitter seharian.

Pada masa silam, Coldplay telah melakukan banyak kolaborasi dengan artis-artis ternama seperti Kanye, Rihanna, Jay-Z dan masih banyak lagi. Tentunya masing-masing kolaborasi membawa kesan tersendiri bagi band asal Inggris ini.

Penasaran sekeren apa kolaborasi Coldplay dengan musisi-musisi dunia? Berikut ulasannya yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/9).

1. Nelly Furtado dan Chris Martin (2006).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kolaborasi memukau Coldplay dan 7 musisi berbagai sumber

foto: YouTube/@Nelly Furtado

Pada tahun 2006, nama Nelly Furtado sangat populer. Saat itu dia merupakan salah satu artis ternama di dunia musik pop karena kesuksesan albumnya yang berjudul Loose. Chris Martin tidak membuang kesempatan ini dan langsung berkolaborasi dengan Nelly sebagai penulis dari lagu "All Good Things."

2. Kanye dan Chris Martin (2008).

Kolaborasi memukau Coldplay dan 7 musisi berbagai sumber

foto: YouTube/@Kanye West

Ini merupakan salah satu kolaborasi Coldplay yang paling sukses. Dengan judul lagu Homecoming, lagu ini diproduksi oleh Kanye dengan Warryn Campbell dan menampilkan penampilan tamu dari Chris Martin, vokalis band rock Inggris Coldplay.

Martin menyanyikan chorus dan outro lagu ini dan memberikan motif yang digerakkan oleh piano. Homecoming ditulis sebagai penghormatan yang didedikasikan untuk kampung halaman Kanye di Chicago, Illinois. Konsep dari liriknya mengungkapkan metafora yang diperluas, di mana ia mempersonifikasikan Chicago sebagai kekasih masa kecil untuk menyampaikan hubungannya dengan kota.

3. Coldplay ft. Jay-Z (2008).

Kolaborasi memukau Coldplay dan 7 musisi berbagai sumber

foto:YouTube/@Coldplay

Pada tahun yang sama, 2008, Coldplay memperbaharui lagunya yang berjudul Lost! menjadi Lost+ yang mengolaborasikan mereka dengan artis hip hop, Jay-Z. Lagu Lost! ini merupakan salah satu lagu dari album mereka Viva la Vida or Death. Lagu ini bercerita tentang membangkitkan semangat dan tidak kehilangan kepercayaan pada diri sendiri, tidak peduli apa yang terjadi pada diri sendiri di sepanjang jalan.

4. Tim McGraw & Gwyneth Paltrow ft. Chris Martin (2010).

Kolaborasi memukau Coldplay dan 7 musisi berbagai sumber

foto: YouTube/@CountryStrongVEVO

Kolaborasi ini terjadi ketika Chris Martin dan Gwyneth Paltrow menjadi pasangan suami-istri. Chris memutuskan untuk mencoba peruntungannya di dunia musik country. Dia menulis sebuah lagu cinta untuk soundtrack drama musik tahun 2010 berjudul Country Song. Gwyneth yang saat itu menjadi istrinya memerankan karakter seorang bintang country yang bermasalah.

Lika-liku dramatis film itu dengan sedih bergema dalam kehidupan nyata, ketika empat tahun kemudian Martin dan Paltrow mengumumkan perpisahan. Tidak dipungkiri, kolaborasi mereka dalam lagu “Me and Tennessee” ini membawa kesan tersendiri bagi fans dan pendengar.

5. Coldplay ft. Rihanna (2012).

Kolaborasi memukau Coldplay dan 7 musisi berbagai sumber

foto: YouTube/@Coldplay

Lagu yang berjudul "Princess Of China" ini tidak hanya menjadi salah satu kolaborasi paling terkenal bagi Chris Martin dan Coldplay, tetapi juga sukses dalam eksperimen yang memadukan ambisi stadion Coldplay, sensualitas Karibia Rihanna, visual Tiongkok, dan gelombang elektronik yang memukau.

Menariknya, Chris menulis lagu itu khusus untuk Rihanna. Walaupun sempat tidak yakin Rihanna akan setuju untuk berkolaborasi dengannya, dia malah menerima tawaran Chris itu dengan tangan terbuka.

Videonya sendiri disutradarai oleh putri Tom Petty, Adria Petty dan terinspirasi oleh beberapa film seni bela diri klasik Tiongkok. Chemistry Chris dan Rihanna cukup meyakinkan untuk memberi mereka tempat pertunjukan di Olimpiade Musim Panas 2012 di London.

6. Coldplay dan Cat Power (2014).

Kolaborasi memukau Coldplay dan 7 musisi berbagai sumber

foto: YouTube/@MrCafferata5

Duet dengan rocker indie Cat Power ini direkam untuk soundtrack film Zack Braff berjudul sama. Saat itu, Braff menunjukkan potongan awal film kepada Martin untuk meminta lagu yang tepat. Ketika Martin membuat lirik, dia sadar bahwa lagunya bagus untuk dibawakan oleh vokalis wanita. Dia dan Braff pun secara bersamaan memikirkan dewi sadcore Amerika. Dalam kolaborasi ini, vocal keduanya benar-benar memukau.

7. Coldplay dan BTS.

Kolaborasi memukau Coldplay dan 7 musisi berbagai sumber

foto: Twitter/@coldplay

Ini nih yang paling ditunggu-tunggu para penggemar. Setelah berbulan-bulan banyak spekulasi, band Inggris Coldplay dan sensasi musik Korea Selatan BTS pada hari Senin (13/9) mengonfirmasi bahwa mereka akan berkolaborasi untuk sebuah single berjudul 'My Universe'. Lagu ini dijadwalkan akan dirilis pada 24 September.

Menariknya, di dalam CD edisi terbatas itu fans akan disuguhkan dua lagu yang hadir dalam versi original dan juga disematkan versi instrumental.

Tidak hanya itu, Coldplay dan BTS juga akan menyediakan lirik lagunya yang hadir dengan tulisan tangan mereka sendiri. Menarik bukan? Dan karena ini adalah kolaborasi pertama mereka, terdapat misi khusus juga yang akan mereka lakukan. Kabarnya, hasil penjualan atau setiap transaksi pembelian melalui toko daring Coldplay, grup ini akan menanam dan merawat satu pohon. Ini tentunya sangat baik dilakukan dalam melestarikan bumi.

(brl/tin)