Brilio.net - Festival musik Hip hop, Soul, dan R&B terbesar di Indonesia, FLAVS Festival siap kembali digelar tahun ini. Melanjutkan euforia setelah perdana digelar offline pada 2022 silam, kini FLAVS Festival akan digelar di Allianz Ecopark Ancol selama dua hari pada 29 dan 30 Juli mendatang.

Mengusung tema 'Unity', FLAVS Festival 2023 menjadi semangat untuk merayakan berbagai aspek yang hadir di perjalanan kancah hip hop, soul, dan R&B, serta dengan api kolaborasi yang senantiasa dijaga kehangatannya selama ini. Selain itu, di tahun ini pula FLAVS merayakan 50 Years of Global Hip Hop dan 30 Tahun Indonesia Hip Hop.

FLAVS Festival 2023 © Istimewa

foto: istimewa

“‘Unity’ dibuat sebagai semangat keberagaman tapi tetap satu dan juga mengangkat 50 Years of Global Hiphop yang dimulai dari DJ Kool Herc di Block Party (13 Agustus 1973). At the same time, di Indonesia itu adalah 30 tahun Indonesian Hip Hop yang parameternya adalah albumnya Iwa K, Ku Ingin Kembali yang dirilis di tahun 1993,” terang Yacko selaku Program Director FLAVS melalui rilis yang diterima brilio.net, Kamis (25/5).

Sederet artis lokal dipastikan turut memeriahkan Boombox Stage, Rhyme & Grind Stage, Bounce Stage, serta Downtown Cypher Stage adalah Cécil, DB Mandala, Endah N Rhesa, Farrel Hilal, GAC, Jakarta Tenggelam: BAP., Basboi, ENVY*, Dzulfahmi, Tacbo, Kink Yosev, dan Rai Anvio, Jesicca Janess, Jordy Waelauruw Presents Colo Colo. Selain itu ada juga Kunto Aji, Laze, MALIQ & D’Essentials, Mukarakat, NDX AKA, Northsidekingz, OKAAY, Project Pop, Ramengvrl, Reikko, Salon RNB Presents: Gavendri, Madukina, Moneva, Noni, RL KLAV, Sade Susanto, Saykoji, Soul ID, Soulful, Tiara Andini, dan Yacko.

FLAVS Festival 2023 turut menyuguhkan penampilan spesial yakni Tribute To Glenn Fredly: The Bakuucakar Feat. Andmesh, Kaka ‘SLANK’ dan Mutia Ayu, Indonesia Rap Time Machine, FLAVS Nu Icon, hingga dua proyek spesial lainnya yang membawa nafas dari tema ‘Unity’. Sebagai puncak kemeriahan, untuk pertama kalinya FLAVS membawa musisi mancanegara di gelaran tahun ini. Guest Star tersebut yakni Kim Yugyeom (Korea Selatan), Loco (Korea Selatan), Lil Pump (Amerika Serikat), DaBaby (Amerika Serikat), dan satu nama lagi yang akan diumumkan.

FLAVS Festival 2023 © Istimewa

foto: istimewa

“FLAVS merupakan salah satu festival di Indonesia yang mengusung hip hop, soul dan r&b, dan setelah berakhirnya pandemi, kali ini kita mendatangkan international artists yang diramu dalam sajian line-up seru bersama dengan artis-artis nasional, sehingga bakal jadi festival yang tidak boleh dilewatkan oleh siapapun!.” Ucap M. Riza selaku Festival Director FLAVS Festival.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan menuju FLAVS Festival 2023 juga kembali dihadirkan. Salah satunya adalah ajang FLAVS Nu Icon, ajang pencarian bakat yang berfokus kepada talenta-talenta muda menjanjikan di Indonesia. Empat nama muda sudah dipastikan tampil, yakni Chrstpy (Papua), Owwie (Jawa Timur), Raihan (Medan), dan XJonathann (Minahasa).

FLAVS Festival 2023 © Istimewa

foto: istimewa

Nantinya, para kontestan terpilih dari FLAVS Nu Icon akan menunjukkan bakatnya pada 29 dan 30 Juli, meliputi DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Rap Session, BBoy/BGirl Battle, Open Style Battle, hingga Graffiti Battle yang sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu.

FLAVS Festival juga sudah mengumumkan harga tiket untuk penyelenggaraan yang dilakukan secara hybrid (offline dan online) mendatang. Untuk kategori Early Bird-2 Day Pass dibanderol Rp 990 ribu, Presale-Daily Pass Rp 840 ribu, Presale-2 Day Pass Rp 1.340.ooo; GA -Daily Pass Rp 1.240.000; GA- Daily Pass (virtual) Rp 75 ribu, dan GA-2 Day Pass (virtual) Rp 99 ribu.