Brilio.net - Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa produk kecantikan yang mengandung susu di dalamnya. Ya, ternyata memang selain baik untuk tubuh bagian dalam, susu juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit dan wajah.

Hampir segala jenis susu seperti hasil perahan sapi, kambing, evaporasi, dan lain sebagainya memberikan pengaruh untuk kesehatan tubuh. Pemanfaatan susu ini bisa diaplikasikan secara langsung ke bagian tubuh atau diolah terlebih dahulu dengan campuran lainnya, seperti produk kecantikan, suplemen, dan masih banyak lagi.

Mengkonsumsi susu secara rutun tentu akan memberikan banyak manfaat. Penasaran ingin mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam susu dan pengaruhnya untuk tubuh? Berikut telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (17/5).

1. Mencerahkan permukaan kulit.

Selain vitamin D yang terkenal pada susu untuk menguatkan tulang dan gigi, ada juga vitamin C yang terkandung dalam produk tersebut. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang kuat dan dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin berlebih.

Dilansir brilio.net dari Kemkes.com, pada dasarnya melanin berfungsi sebagai pemberi warna alami pada kulit, mata, dan rambut. Kelebihan dan kekurangan melanin pada tubuh akan mempengaruhi kesehatan dan secara tidak langsung berdampak juga pada penampilan seseorang. Jika seseorang kekurangan melanin, indikasi seperti kelainan warna kulit atau bahkan berefek kualitas penglihatan pun bisa terjadi.

Begitu pula dengan sebaliknya, jika kandungan melanin berlebih pada tubuh, warna kulit/rambut/mata seseorang pun akan semakin gelap. Untuk itu, apabila ingin mempertahankan keseimbangan warna pada tubuh, kamu bisa menggunakan susu sebagai bahan dalam perawatan tubuh.

Inilah mengapa tidak jarang produk-produk kecantikan yang mengklaim dapat mencerahkan kulit menyertakan kandungan susu di dalamnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan produk ini pun harus sesuai kebutuhan tubuhmu dan bisa dikonsultasikan dahulu ke dokter terkait.

2. Eksfoliator alami.

Apabila kamu adalah salah satu beauty enthusiast, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan kulit mati dan kotoran pada kulit bagian luar. Tujuannya adalah agar tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori serta membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

Sekarang ini, sudah banyak produk kecantikan yang berfungsi untuk menunjang proses eksfoliasi tersebut. Selain produk tersebut, ada juga cara alami dengan menggunakan susu sebagai eksfoliator alami.

Susu mengandung asam laktat yang merupakan salah satu jenis asam lembut yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Biasanya, susu yang dipakai adalah berbentuk bubuk dan dicampur dengan produk lain berbahan kasar seperti oatmeal atau gula untuk digosokkan ke permukaan kulit sebagai scrub.

3. Melembabkan kulit.

Apakah kamu salah satu seseorang yang kesulitan menghadapi permasalahan kulit kering? Jika ya, produk susu bisa jadi solusi untuk melembabkan kulitmu. Penting untuk melembabkan kulit kering karena apabila terlalu kering, permukaan tubuh bisa mengakibatkan penyakit baru seperti infeksi kulit, mudah terluka, dan lain sebagainya.

Salah satu manfaat sabun susu kambing untuk kecantikan ialah dapat memberikan kelembaban pada kulit setelah digunakan. Kandungan dari susu kambing yang berperan penting untuk melembabkan adalah lemak dan protein. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan produk susu yang kaya akan protein tinggi.

4. Menjaga elastisitas kulit.

Susu mengandung beberapa nutrisi penting yang bisa menjaga elastisitas kulit secara keseluruhan. Elastisitas kulit mengacu pada kemampuan kulit untuk menyesuaikan bentuk aslinya. Apabila kamu pernah melihat beberapa orang yang sudah tua, tetapi tetap memiliki kulit yang kencang, bisa jadi seseorang tersebut rutin mengonsumsi susu.

Nutrisi seperti kolagen dan elastin bantu menjaga kekencangan kulit,. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A, vitamin D, dan kalsium yang berperan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan kulit.

5. Menyeimbangkan berat badan.

Anggapan bahwa susu mengandung lemak tinggi sehingga akan menaikkan berat badan mungkin sudah sering terdengar. Akan tetapi, ternyata berdasarkan beberapa penelitian yang dilansir dari Halodoc.com, seseorang yang mengonsumsi susu khususnya susu rendah lemak atau skim justru memiliki berat badan yang ideal dibandingkan mereka yang tidak sama sekali mengonsumsinya.

Kandungan kalsium di dalamnya lah yang berperan untuk mencegah penumpukan lemak yang terjadi. Dengan begitu, berat badan pun akan tetap seimbang dan sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

6. Anti-aging alami.

Bagi kamu yang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas, kemungkinan kulit akan mengendur, muncul flek hitam, atau berkerut sangat tinggi. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir! Kamu dapat mencegah atau merawat kemungkinan tersebut dengan mengonsumsi susu olahan atau secara langsung.

Susu mengandung vitamin A yang dikenal sebagai retinol alami. Retinol ini berperan untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen ini berfungsi untuk regenerasi kulit dan tentunya mencegah penuaan dini.

Namun, perlu diingat juga bahwa konsumsi susu saja tidak cukup untuk anti-aging alami. Perlu perawatan rutin seperti menggunakan tabir surya (sunscreen) untuk menghindari paparan sinar UV langsung yang bisa menambah kerutan pada kulit.

7. Mengatasi jerawat.

Apabila membicarakan tentang jerawat, erat kaitannya dengan kondisi kulit masing-masing individu. Anggapan bahwa konsumsi susu bisa menimbulkan banyak jerawat tidak sepenuhnya salah. Hal ini disebabkan karena susu mengandung lemak dan protein tinggi yang dapat menjadi pemicu jerawat.

Maka dari itu, penting untuk memahami kulitmu terlebih dahulu dan mengetahui penyebab utama timbulnya jerawat. Misalnya, tipe kulitmu adalah berminyak. Dilansir dari Alodokter.com, maka dari itu, konsumsi susu mungkin bisa dialihkan ke jenis low-fat atau rendah lemak untuk mengurangi timbulnya jerawat.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu mengandung protein, zinc, dan vitamin B12 yang bisa bantu peningkatan daya tahan tubuh. Kandungan zinc berperan untuk menjaga imunitas tubuh serta melawan infeksi. Lalu, vitamin B12 berperan dalam memproduksi sel darah putih untuk mencegah penyakit menyerah tubuh.

Setelah mengetahui 8 manfaat susu untuk kesehatan dan kecantikan, kini saatnya untuk mulai rutin lagi mengonsumsi susu. Rasakan manfaatnya secara langsung dari produk olahan atau produk kecantikan berbahan dasar susu.