×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Manggung lagi, Iwa K kembali deg-degan, kayak zaman SMA dulu

View Image

0

BRILIO » Musik

Manggung lagi, Iwa K kembali deg-degan, kayak zaman SMA dulu

(foto-foto: brilio.net/yani andryansjah)

Membawakan musik hip hop di zaman now

27 / 12 / 2017

Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal dengan Iwa Kusuma (Iwa K)? Musisi yang mengusung genre hip hop di tanah air ini sudah malang melintang di belantika musik Indonesia. Nama Iwa K benar-benar memberikan warna baru musik hip hop di Indonesia pada era 1990-an. Dia bahkan disebut sebagai pelopor musik rap di tanah air.

Di masa itu Iwa disebut-sebut sebagai rapper paling produktif di Indonesia. Sejak kemunculannya, Iwa pun melansir sejumlah album yang meramaikan kancah musik Indonesia. Sebut saja album Ku Ingin Kembali yang dirilis pada 1993 disebut-sebut sebagai album hip hop pertama di Indonesia.

Iwa K Ecology © 2017 brilio.net

Nggak heran deh jika sampai saat ini belum ada yang bisa menggantikan Iwa sebagai sosok influensial genre hip hop tanah air. Sayangnya, dalam beberapa tahun nama Iwa K mulai redup.

Eits..tapi bukan berarti nama Iwa benar-benar tenggelam lho. Buktinya, baru-baru ini Iwa kembali menggebrak musik tanah air. Iwa kembali manggung di ajang bertajuk Together Whatever di Ecology, Kemang, Jakarta.

Loading...

Iwa K Ecology © 2017 brilio.net

Menariknya, penonton yang menyaksikan penampilan Iwa justru kebanyakan “kids jaman now” yang belum pernah kenal karakter musik Iwa sebelumnya. Hal inilah yang membuat Iwa merasa muda kembali. Ya, Iwa mampu membawakan musik hip hop di zaman now.   

“Bakal ada hal baru lagi. Kayak deg-degan lagi. Tapi bagi gue itu hal yang harus ada dan nggak boleh hilang. Memang ini deg-degannya kayak zaman SMA, pas awal-awal gue manggung lagi,” ujar Iwa.  

Iwa K Ecology © 2017 brilio.net

Malah banyak lho penonton yang ikut bernyanyi bersama saat Iwa melantunkan lagu Bebas. Ini membuktikan lagu Iwa bisa diterima semua generasi.   

Nah menurut Iwa, konsep Together Whatever sebagai bukti manusia itu nggak bisa hidup sendiri. Together Whatever baginya adalah cara bahwa manusia itu saling membutuhkan.

Iwa K Ecology © 2017 brilio.net

“Kita ngga bisa hidup sendiri. Oke lo lagi sendiri, lo makan ikan, lo nangkep ikan itu sendiri? Nggak kan? Lo nanem padi itu sendiri? Atau lo bikin piring itu sendiri? Nggak. Gue lebih mengartikan Together Whatever sebagai cara untuk aware bahwa kita tuh terkait satu sama lain gitu. Bukan berarti kita ke mana-mana harus rame-rame teru. Tapi kita juga aware dan grateful tentang keterkaitan kita satu sama lain,” pungkas Iwa.

Oh ya, konser intim Together Whatever Sessions sejatinya untuk merayakan ulang tahun ke-25 rilisnya album pertama Iwa K.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    80%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    20%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more