Brilio.net - Menyaksikan Kunto Aji, Sal Priadi, dan Nadin Amizah bernyanyi, itu sih sudah biasa. Tapi bagaimana jika ketiga musisi muda ini bernyanyi, menari, dan bermain film bareng. Begitulah ketiganya beraksi dalam Collabonation edisi anyar berkonsep film teater musikal, Limina|Limen.   

“Melalui program Collabonation, IM3 Ooredoo akan terus menjadi wadah bagi para musisi dan pelaku seni dari berbagai bidang agar tetap dapat berkarya dan mengeksplorasi beragam disiplin seni, seperti Limina|Limen yang mempertemukan musik dengan sinema, seni pertunjukan teater, tari dan seni visual,” ujar SVP Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo Fahroni Arifin.   

Collabonation Limina © 2021 brilio.net

Film yang menggabungkan seni teater, musik, tari, dan rupa ini mengangkat tema situasi dunia sekarang, ketika pandemi memaksa banyak orang berhenti dan memeriksa ulang banyak hal dalam cara hidup mereka.

“Limina|Limen terinspirasi dari situasi di mana kita tiba-tiba dipaksa berhenti, tidak bisa melanjutkan hal-hal yang biasa kita lakukan,” kata Yudi Ahmad Tajudin, sang sutradara.

Kolaborasi seni lintas disiplin ini terbagi dalam tiga babak yaitu refleksi, purifikasi, dan transformasi yang menceritakan tentang kehilangan, rasa tak berdaya, dan upaya untuk bertahan.

Dalam film ini, ketiga musisi menjadi pemeran utama. Mereka juga menjadi penyampai pesan melalui karakter, adegan, dan lagu yang dibawakan. 

Collabonation Limina © 2021 brilio.net

Sebagai sutradara teater kontemporer, Yudi mengungkapkan proses kolaborasi karya ini sangat menyenangkan karena semua yang terlibat dalam film ini diberikan ruang gerak yang cukup besar untuk berdialog, menciptakan sesuatu yang mungkin baru.

Film teater-musikal Limina|Limen disusun dan dikembangkan berdasarkan karakter, imaji, serta suasana dari lima lagu yang diciptakan dan dibawakan langsung ketiga musisi. Sal Priadi membawakan lagu Di Timur. Lalu Nadin Amizah menyanyikan Kereta Ini Melaju Dengan Cepat. Sedangkan lagu Rehat dibawakan Kunto Aji.

Bukan cuma itu, Sal Priadi berkoLaborasi dengan Nadin Amizah membawakan Amin Paling Serius. Sedangkan saat berduet bareng Kunto Aji, Nadin Amizah membawakan lagu Selaras.

Collabonation Limina © 2021 brilio.net

“Sejak awal kami semua sangat tertarik dengan ide kolaborasi ini, sekaligus penasaran bagaimana Mas Yudi Ahta merespons lagu-lagu kami dan menuangkannya menjadi sebuah cerita dalam film teater-musikal. Di Collabonation saya merasakan ide-ide seperti ini dapat terwujud dan saat ini kita melakukan sesuatu yang berbeda,” ujar Sal Priadi.

Film yang ditayangkan pada 25 Juni 2021 di kanal Youtube Indosat Ooredoo ini mendapat sambutan positif. Terbukti, film musikal ini sudah ditonton lebih dari 90 ribu kali.