Brilio.net - Penyanyi pop muda berbakat Hanin Dhiya kembali menunjukkan musikalitasnya dengan merilis single terbaru. Kali ini nggak tanggung-tanggung, penyanyi kelahiran Bogor, 21 Februari 2001 itu berkolaborasi dengan salah satu legenda musik Indonesia, Ahmad Dhani.

Dalam single terbarunya ini, Hanin membawakan lagu Roman Picisan karya Dhani. Bedanya, Roman Picisan versi Hanin dibawakan dengan full orchestra sehingga terdengar lebih segar dan megah. Menariknya, Ahmad Dhani turut mengisi suara di lagu tersebut.

Hanin memilih lagu ini karena bisa merepresentasikan dirinya dengan sempurna mulai dari notasi, aransemen, sampai makna lagunya yang dianggapnya bernuansa gelap namun indah.

“Tiap kali aku dengerin lagu ini rasanya kaya lagi dibawa ke satu ruang yang ramai. Aku bernyanyi, menari tanpa orang lain peduli, ungkapkan harap dan sedih yang aku rasa tapi dikemas dalam melodi yang cantik. Banyak sisi gelap dari dalam diri aku, tapi aku lebih suka menyuarakan sedih dan gelap itu melalui hal-hal yang bermakna,” ujarnya.

Ahmad Dhani X Hanin Dhiya © 2021 brilio.net

Hanin pertama kali bertemu Dhani saat mengikuti ajang pencarian bakat di tahun 2014 di mana pentolan Dewa 19 itu menjadi salah satu jurinya. Di tahun 2018 Hanin membawakan ulang lagu Pupus yang berhasil mendapatkan views sebanyak 56 juta kali.

Dhani mengatakan kolaborasinya dengan Hanin di Roman Picisan menjadi salah satu karya favoritnya. Aransemen dan penggunaan instrumen lagu tersebut, kata Dhani, membuat hasil akhir lagunya melebihi ekspektasinya. ”Pengalaman serunya saya dan Hanin saat proses rekaman di lagu ini tidak ketemu. Tetapi hasilnya luar biasa,” ujarnya.

Bisa membawakan lagu ciptaan Dhani, Hanin merasa mendapatkan sebuah kehormatan. Perempuan yang menggemari sastra dan puisi ini berharap lagu versi "baru” ini bisa diterima dengan baik oleh pendengarnya. Ia juga menginginkan lagu ini berumur panjang seperti versi originalnya yang tak lekang waktu.

Kolaborasi lintas generasi antara Hanin dan Dhani tidak hanya pada lagu saja. Dalam channel Youtube-nya, ia juga mengulik perbedaan industri musik di zaman Dhani dan era sekarang pada Legend Story. Lalu ada juga obrolan mengupas tuntas hits ciptaan Dhani di The Story of the Songs, serta mengintip koleksi Dhani di Dewa Restografi Tour.

(brl/red)

(brl/red)