Brilio.net - Drive kembali menyapa penggemarnya dengan merilis sebuah album baru bertajuk re.viv.al. Album kali ini terasa istimewa karena digarap di momen 16 tahun band tersebut berkarier di industri musik Tanah Air. Album re.viv.al ini merupakan awal fase ketiga perjalanan karir Drive. Yang pertama era 2007-2011, kedua 2011-2021, dan ketiga dimulai 2021 ini.

Album ini mulai digarap sejak 2018 ketika Arizki & Rudy Joe mulai bergabung. Bersama Budi Rahardjo dan Dygo Pratama, mereka memantapkan kolaborasi dengan membuat 5 single dan 1 soundtrack film, sebelum memutuskan untuk membuat album keenam. Hasilnya, 4 lagu baru dan 1 lagu lama yang diaransemen ulang.

Sebagai pembuka, single Love Can Be So Rough menjadi pilihan menarik. Lagu berbahasa Inggris ini dibalut dengan genre American Rock dengan Budi Rahardjo sebagai komposer di dalamnya.

“Untuk lebih mudah dipahami, mungkin lebih ke ‘American Rock’. Karena seperti percampuran unsur musik band-band rock Amerika, bahkan EDM," kata Dygo Pratama seperti rilis resmi yang diterima brilio.net, Selasa (30/11).

Mengandung unsur ‘love’, sejatinya lirik lagu ini justru menjabarkan sisi lain dari cinta. Jika kebanyakan lagu memuja-muja indahnya cinta, di lagu ini cinta ditampilkan sesuai kenyataan. Cinta tak selalu mulus, penuh perjuangan, dan bahkan ada rahasia masa lalu.

“Kenyataannya, dalam suatu hubungan cinta, kita tidak bisa berharap dapat sesuatu yang sempurna. Manusia menyimpan banyak sisi kehidupan, jadi jangan melulu berharap kemulusan dari cinta” ujar Budi Rahardjo atau yang biasa disapa Bhusdeq tentang makna lagu ini.

Sebagai bagian pembuatan album, Drive juga telah menyiapkan beberapa konten seperti musik video, live session video, Drive in Drive, bahkan web-series. Semuanya dikemas dengan kualitas audio-video yang keren dan super kreatif.

Nggak hanya rilis lagu terbaru, perubahan besar juga terjadi pada logo band dan tema artwork. Logo baru Drive ini menyiratkan semangat bermusik tak lekang waktu, sekaligus pencapaian kreativitas tanpa batas.

Sedangkan pengerjaan artwork kali ini sangat ambisius. Selain terlihat orisinil dan imajinatif, kali ini Drive menampilkan seorang tokoh bernama Athena. Bahkan penciptaan tokoh ini juga diikuti dengan narasi mengenai latar belakang kehidupannya.

(brl/lak)

(brl/lak)