Brilio.net - Kolaborasi penyanyi muda berbakat Hanin Dhiya dengan pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani kembali berlanjut. Setelah belum lama ini meluncurkan single Roman Picisan, kini Hanin kembali meluncurkan tiga single karya Ahmad Dhani, Kangen, Pupus, dan Bukan Cinta Manusia Biasa.

Keempat lagu ini masuk ke dalam proyek mini album (EP) terbaru Hanin berjudul Kangen, sekaligus menjadi penutup yang manis di penghujung tahun 2021. Keempat single ini diproduseri Ahmad Dhani.

Hanin pun berkesempatan membawakan ulang hits ciptaan Ahmad Dhani tersebut dengan aransemen yang berbeda dan diiringi orkestra yang langsung dipimpin Dhani dan Guntur Pardjono Putra.

Untuk bisa menghayati lagu Kangen, tutur Hanin, dirinya membayangkan tengah bertemu dengan sosok orang terkasih yang sudah lama sekali tidak ditemuinya. “Kalau aku terjemahkan sendiri lagu ini gabungan dari rasa senang mau bertemu juga sedih karena terlalu kangen. Senang sekali aku dapat pengalaman untuk setting emosi yang berbeda-beda,” ujarnya.

Ahmad Dhani X Hanin Dhiya © 2021 brilio.net

Sementara pada lagu Pupus dilantunkan secara gabungan antara lirik puitis dengan orkestra yang megah. Pada lagu ini, suara Hanin yang lembut membuat lagu yang dirilis pertama kali di tahun 2002 terdengar lebih menyayat. Sekadar informasi, pada tahun 2018 Hanin pernah membawakan ulang lagu Pupus dan berhasil mendapatkan views sebanyak 56 juta kali.

Dalam EP ini, Bukan Cinta Manusia Biasa menjadi lagu pertama yang Hanin pilih. Kualitas suara Hanin dengan memainkan nada-nada tinggi terdengar begitu apik dan jelas pada lagu ini. 

Ternyata, dari keempat single ini, lagu yang paling menarik untuk Hanin adalah Roman Picisan. “Karena ini merepresentasikan aku selain lagu itu memang enak banget dari lirik hingga notasinya,” kata Hanin. 

Sejak rilis pada 3 Desember 2021 lalu, official music video Roman Picisan sudah ditonton lebih dari 200 ribu views di kanal Youtube Video Legend. Dengan dirilisnya empat single tersebut, perempuan berusia 20 tahun yang menggemari sastra dan puisi ini berharap versi baru ini bisa diterima dengan baik oleh pendengarnya. Ia juga menginginkan lagu ini berumur panjang seperti versi originalnya yang tak lekang waktu.

“Bisa membawakan ulang lagu-lagu yang juga aku suka dari lama, bisa sharing juga dengan Om Dhani aku merasa terhormat sekali. Aku dapat banyak wawasan baru yang bisa aku implementasikan ke depannya dari proyek kali ini,”kata Hanin.

Dhani mengatakan kolaborasinya dengan Hanin pada proyek EP Kangen ini menjadi salah satu yang dinantikannya. Ia melihat musikalitas Hanin telah berkembang jauh lebih baik dari saat pertama mereka bertemu ketika Hanin mengikuti ajang pencarian bakat pada tahun 2014 di mana Dhani menjadi salah satu jurinya.

“Saya memberikan kesempatan kepada Hanin untuk memilih sendiri lagunya dan hasilnya melebihi ekspektasi. Beruntung sekali Hanin bisa memberikan suasana baru di keempat lagu ini.”

Proses rekaman super cepat

Ahmad Dhani X Hanin Dhiya © 2021 brilio.net

Proses rekaman dari keempat lagu ini terbilang ajaib. Pasalnya, rekaman vocal keempat lagu tersebut rampung dalam satu hari saja. “Saat itu moodnya dapet banget. Dari jam 1 sampai jam 4 aku take vocal untuk lagu Roman Picisan, Bukan Cinta Manusia Biasa, dan Pupus. Lanjut sekitar jam 7 malam aku take vocal Kangen yang cuma sekitar 15-30 menitan. Cepet banget kan?” ungkap Hanin.

Kolaborasi lintas generasi antara Hanin dan Dhani tidak hanya pada lagu saja. Hanin juga mengulik perbedaan industri musik beda generasi ini pada chapter Legend Stories. Percakapan keduanya menjadi menarik karena masing-masing memiliki pengalaman yang berbeda. Dhani bercerita mulai dari tren musik era 1970 hingga era 2000-an, hingga musisi yang menjadi hero baginya.

Hanin juga mengupas tuntas cerita dibalik hits ciptaan Dhani pada chapter The Story of the Songs untuk 4 lagu dalam EP Kangen. Selain itu, para penggemar dapat ikut mengintip never seen before koleksi klasik dan barang antik Dhani di chapter Wisma Dewa 19 Tour.

(brl/red)

(brl/red)