Brilio.net - Kepergian Jonghyun SHINee memang masih membuat penggemar K-Pop termasuk di Indonesia turut berduka. Namun hal ini rupanya tidak diikuti beberapa orang yang justru memberikan cacian dan guyonan terhadap kesedihan penggemar Jonghyun dan K-Pop di Indonesia pada umumnya.

Bahkan salah satu akun komedi Indonesia @MemeComicIndo mengeluarkan cuitan yang bernada menyindir para penggemar K-Pop yang merasa sedih ditinggal oleh sang idola. "Ribuan manusia dibunuh di Palestina, mereka diam. 1 plastik bunuh diri, mereka menangis," tulisnya.

Kicauan ini tentunya dianggap tidak menunjukkan 'empati' karena dianggap mengaitkan kematian Jonghyun.

Membuktikan bahwa rasa solidaritas terhadap sesama itu masih ada, penggemar K-Pop pun bersama-sama memperlihatkan kepada publik bahwa fans Korea juga peduli dengan sesama, dan membuka donasi dari Kita Bisa.

Loading...

Seorang penggemar SHINee yang disebut Shawol dalam laman Kitabisa.com, Kamis (21/12), Wina Andana Putri membuka donasi yang diberi nama "From Jonghyun To Indonesia and Palestine".

"Campaign ini saya buka pada 20 Desember 2017 tepatnya pukul 16:06, dan hanya dalam waktu kurang dari 24 jam campaign ini sudah menembus angka lebih dari 80an juta dari 1.000 donatur dari target yang saya set di awal hanya 5 juta," tulisnya.

Besarnya antusiasme dari penggemar K-Pop di Indonesia membuat Wina menaikkan target kampanye menjadi Rp 100 juta.

"Ini semata untuk menambah lagi impact yang bisa kita lakukan untuk mereka yang lebih membutuhkan terutama masyarakat di Palestina," lanjutnya.

Kampanye donasi ini rencananya akan diberikan kepada warga Indonesia yang membutuhkan, warga Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap Palestina serta lembaga hewan melalui lembaga kitabisa.

"Kami sedang bersedih tapi kami tau masih banyak yang lebih bersedih dari kami dan kami tak mau itu. Maka bantulah kami membuat mereka yang bersedih menjadi lebih berbahagia untuk kebahagiaan kita semua," ungkap Wina.

shawol for Palestine © 2017 brilio.net

Kampanye donasi ini viral di media sosial dan mencapai Rp 140 juta dalam waktu kurang dari 24 jam. Hinggu Kamis (21/12) pukul 21:50 WIB, dana bantuan sudah mencapai pada angka Rp 245 juta.

shawol for Palestine © 2017 brilio.net

Campaign pengumpulan donasi oleh fans K-Pop ini pun mendapat komentar positif. Para penggemar yang turut bergabung memberikan sumbangan sebagai bentuk penghormatan terakhir untuk Jonghyun dan sekaligus membuktikan kalau mereka juga peduli dengan lingkungan sekitar meski mengidolakan bintang Korea.

shawol for Palestine © 2017 brilio.net

Jonghyun sendiri juga seorang idola yang vokal dalam hal isu sosial, termasuk isu Palestine. Ia merupakan satu dari sedikit idol K-Pop yang berani mendukung Palestina. Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung melakukan donasi, kamu bisa langsung menuju laman kitabisa, di sini https://kitabisa.com/jinghyunpeduli