Brilio.net - Grup musik rock idola anak 90-an sampai 2000, Dewa 19 sebentar lagi akan genap berusia 30 tahun. Sebagai sebuah band, usia yang sudah terbilang mapan tersebut telah menjadikan Dewa 19 sebagai band legenda di belantika musik Tanah Air.

Dewa 19 yang dibentuk sejak 26 Agustus 1986 ini didirikan oleh Ahmad Dhani dengan merekrut kawan-kawannya di Surabaya kala itu. Di antaranya Ari Lasso, Andra Junaidi, Erwin, dan Wawan. Dewa 19 pada awalnya hanya band lokal di Kota Surabaya. Namun setelah berhasil merajai berbagai festival musik di Kota Pahlawan itu, mereka akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Ibu Kota untuk membangun karier band yang lebih cemerlang.

Sayangnya, akibat permasalahan internal dan berbagai sikap yang tidak disiplin, Dewa 19 sempat didera masa-masa berat dengan kehilangan vokalis dan bassis mereka yakni Ari Lasso dan Wawan. Namun, berkat kehebatan Ahmad Dhani sebagai leader, band tersebut terus eksis dengan melakukan pergantian personel beberapa kali.

Perubahan personel yang paling banyak ada pada posisi vokal. Setelah ditinggal Ari, Ahmad Dhani merekrut vokalis dengan suara yang tinggi yakni Once Mekel. Setelah Once, ada pula Virzha. Jebolan Indonesian Idol ini dilirik oleh Dhani untuk bergabung ke dalam band dengan hits "Kangen" itu.

Terbaru, penyanyi Marcello Tahitoe direkrut sebagai juru vokal bagi band Dewa 19. Penyanyi yang semula berkarier solo itu juga merapat untuk menyanyikan dendangan rock bersama Ahmad Dhani dan kawan-kawan.

Kini, pada momen usia Dewa 19 yang beranjak ke 30 akan dirayakan dengan konser akbar yang akan digelar di berbagai kota. Kabarnya, mereka akan menyanyikan 30 lagu pada setiap penampilan mereka. Angka yang sama seperti usia band mereka saat ini.

Dewa 19 Berbagai sumber

foto: YouTube/Dewa 19

Para personel pun dikumpulkan kembali oleh sang pemimpin, Ahmad Dhani. Seperti yang diunggah pada channel YouTube Dewa 19, mereka berkumpul untuk latihan dan mempersiapkan diri menjelang konser digelar.

Nah, dirangkum oleh brilio.net pada Minggu (3/7), simak 11 potret latihan Dewa 19 jelang perayaan 30 tahun.

(brl/tin)