Brilio.net - Tak punya bermusik, Iwan Fals juga memiliki kepedulian dengan lingkungan. Bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan ratusan warga, penyanyi senior Indonesia ini ikut mengecat pagar besi bekas kampung kumuh di Kelurahan Kroman, Kabupaten Gresik, Sabtu (5/11) pagi.

"Warna itu indah, dan mari jaga keindahan ini," ujar Iwan Fals ketika mengecat pagar besi di sisi Jalan Putri Cempo, sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (5/11).

Ia menyatakan kagum dengan kampung di kawasan pinggiran dan berdekatan dengan pelabuhan arena rumah, masjid, jalan, dan gapuranya berwarna-warni.

Penyanyi legendaris Tanah Air itu mengajak ratusan warga setempat bernyanyi tanpa diiringi alat musik, masing-masing berjudul "Doa", "Bento", "Bongkar" dan "Orang Pinggiran".

"Lagunya jangan sampai habis, ya. Kalau lengkap besok tidak jadi konser. Lagunya disimpan untuk konser," ucapnya dari atas panggung.

Kehadiran Iwan Fals di Jawa Timur tidak lepas dari rencana konsernya bertajuk "Konser 55 Pramuka" yang akan diselenggarakan di Lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya pada Minggu (6/11).

Konser tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-55 Pramuka, sekaligus ulang tahun Iwan Fals yang juga berusia 55.

Saifullah Yusuf mengaku bangga bisa bersama-sama Iwan Fals mengecat dan bersih-bersih di bekas kampung kumuh di Gresik.

"Kalau bersih, rapi, pasti orang melihatnya akan nyaman. Lihat sekarang kampungnya warna-warni dan tidak salah Iwan Fals tertarik datang kemari," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.