Brilio.net - Penghitungan ini berdasarkan Gaon Digital Single Chart yang mengukur bagaimana sebuah lagu bisa dikatakan populer dan ramah di telinga publik. Untuk menempati ranking tertinggi di Gaon Chart memang dikenal sangat sulit bagi grup idol karena persaingan yang ketat.

Gaon digital biasanya memberikan ranking mingguan, bulanan dan juga tahunan. Di mana ranking tersebut ditentukan dari jumlah download, streaming, diputar di radio dan juga penggunaan lagu sebagai background music di beberapa acara.

Dari perolehan ranking tersebut, hanya ada empat grup boyband yang pernah mendaratkan nama mereka ke ranking satu dengan jumlah terbanyak. Siapa saja? Yuk simak di bawah ini seperti yang sudah dilansir dari Koreaboo, Jumat (9/6).

1. Bigbang.

kpop boyband gaon © 2017 brilio.net

foto: kpopherald

Bigbang memegang rekor tertinggi dengan total 9 lagu yang pernah menempati posisi pertama. Lagu-lagu tersebut diantaranya adalah 'Tonight', 'Love Song, 'Blue', 'Monster', 'Loser', 'If You', 'Let's not Fall In Love', 'FXXK IT', dan 'Bang Bang Bang'.


2. BEAST/HIGHLIGHT.

kpop boyband gaon © 2017 brilio.net

foto: pann

BEAST atau yang sekarang berganti nama menjadi HIGHLIGHT ini juga termasuk ke dalam grup yang menempati lagu terpopuler di Korea Selatan dengan empat lagu, yaitu: 'I Knew It', 'Will You Be Alright?', 'No More', dan 'Good Luck'.

3. SHINee.

kpop boyband gaon © 2017 brilio.net

foto: naver

SHINee memang dikenal sebagai grup yang memproduksi lagu-lagu yang catchy sehingga tak heran mereka juga masuk ke dalam grup yang memperoleh ranking tertinggi di Gaon dengan empat lagu diantaranya adalah: 'Lucifer', 'Dream Girl', 'Sherlock', dan 'View'.


4. EXO.

kpop boyband gaon © 2017 brilio.net

foto: naver

Meski baru aktif selama 5 tahun, boyband top Korea yang terdiri dari 9 anggota ini juga masuk ke dalam daftar boyband yang memperoleh ranking tertinggi di Gaon. Total ada 3 lagu yang berhasil menempati ranking tertinggi di Gaon, di antaranya adalah 'Love Me Right', 'December 2014', dan 'Monster'. Selain itu EXO juga memperoleh penghargaan aDreamgirlMusic dari Gaon atas penjualan musik mereka pada tahun 2016.