Brilio.net - Saat ini menggelar acara yang menghadirkan kerumunan belum bisa dilakukan. Karena itu konser musik virtual menjadi salah satu hiburan di masa pandemi Covid-19. Fakta inilah yang membuat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menggelar pertunjukan bertajuk Konser 75 Suara Perjuangan, dari UI, bersama Relawan, untuk Indonesia.

Berkolaborasi dengan dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, konser ini digelar untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun sekaligus sebagai bentuk apresiasi bagi masyarakat Indonesia khususnya tenaga medis dan relawan dalam berjuang melawan penyebaran wabah Covid-19.

Konser yang akan disiarkan langsung dari Makara Art Center Universitas Indonesia, pada 28 Agustus 2020 ini bisa disaksikan melalui kanal resmi Youtube ILUNI UI pada pukul 19.00–22.00 WIB. Sederet artis dan musisi Tanah Air bakal meramaikan konser ini seperti Andien, Barasuara, Tompi, Aning Katamsi, Nugie, Alika Islamadina, Ikang Fawzi, Kadri Mohammad, Sandhy Sandoro, Harvey Malaiholo, dan ILUNI All Star.

Konser UI © 2020 brilio.net

Konser ini diklaim bakal memberikan pengalaman spektakuler karena menggunakan berbagai kecanggihan teknologi dalam penyiarannya, sehingga dapat dinikmati hingga lebih dari 10 ribu penonton secara daring. Selain itu, penonton berkesempatan menyaksikan persiapan konser dari balik panggung dan pengalaman lebih dekat dengan pengisi acara melalui akses virtual ke belakang panggung dan ruang tunggu artis.

“Konser ini hadir sebagai bentuk apresiasi kami kepada para relawan medis dan non-medis yang telah mengorbankan waktu, tenaga, dan bahkan nyawa untuk menjalankan tugas mulia menangani wabah Covid-19. Kami berharap ini menjadi pertunjukan yang menghibur dan inspiratif bagi para relawan dan masyarakat Indonesia agar dapat membangkitkan kembali semangat Indonesia Maju melawan Covid-19,” ujar Ketua ILUNI UI Nongki Wisaksono.

Berikut empat fakta Konser 75 Suara Perjuangan

1. Mengusung konsep bercerita

Konser ini mengusung konsep bercerita di mana akan diangkat kisah perjuangan para relawan yang tercermin melalui berbagai narasi inspiratif dalam bentuk story telling. Akan ada narasi inspiratif yang disajikan dalam tiga tema besar, yaitu Suara dari Rumah, Suara Relawan, dan Suara Kemenangan.

“Dalam setiap tema akan ada berbagai kisah inspiratif tentang perjuangan menghadapi pandemi ini dan hikmah dibaliknya yang kemudian diharapkan dapat memberikan semangat positif untuk kembali fokus dan berjuang bersama melawan Covid-19,” lanjut Nongki.

2. Sebagai penyemangat bagi para relawan

Konser UI © 2020 brilio.net

Ketua Tim Koordinator Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Andre Rahadian mengapresiasi setinggi-tingginya inisiatif konser virtual ini. Menurutnya, apresiasi dari masyarakat penting sebagai penyemangat bagi perjuangan yang tengah dilakukan para relawan saat ini.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukungan dan perjuangan yang telah diberikan selama ini, salah satunya dengan tetap berada di rumah saja dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga pola hidup bersih dan sehat dimanapun berada,” ujar Andre. 

3. Bentuk apresiasi bagi para pejuang Covid-19

Konser UI © 2020 brilio.net

Harvey Malaiholo sebagai salah satu penyanyi dalam konser ini juga  mengungkapkan apresiasinya bagi para relawan dan masyarakat Indonesia, khususnya tenaga medis yang tak pernah letih berjuang melawan penyebaran Covid-19.

Harvey sangat gembira dapat ikut ambil bagian dalam konser yang inspiratif ini. Kesempatan ini menjadi salah satu bentuk ungkapan terima kasihnya terhadap para relawan yang terus berjuang menjaga keselamatan bangsa, termasuk untuk masyarakat yang lebih banyak di rumah saja dan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Kalian juga memiliki andil besar seperti para relawan. Kita semua adalah relawan dan pahlawan dalam melawan wabah ini,” pungkasnya.

4. Dukungan banyak pihak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

ILUNI UI bersama Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mempersembahkan Konser 75 Suara Perjuangan, sebuah konser virtual sebagai bentuk apresiasi kepada para relawan COVID-19. Saksikan persembahan narasi inspiratif dan musik dari sederet musisi dan tokoh tanah air di antaranya Alika Islamadina, Andien, Aning Katamsi, Barasuara, Harvey Malaihollo, Ikang Fawzi, Kadri, Nugie, Sandhy Sondoro, Tompi, dan grup band ILUNI All Stars. Inilah saatnya mengapresiasi sekaligus menjadi relawan dari rumah. Catat waktunya: Jumat 28 Agustus 2020, pukul 19.00 – 22.00 WIB Disiarkan langsung dari Makara Art Center UI. Dapatkan tiket secara GRATIS melalui: http://bit.ly/KONSER75-EVENTBRITE http://bit.ly/KONSER75-LOKET Dapatkan juga di Go-Tix Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 0811-98-43210 (Devi) Dari UI, bersama relawan, untuk Indonesia. ILUNI UI 2019-2022 “Ruang Temu” #UniversitasIndonesia #ILUNIUI #RuangTemu #Konser75 #UIBersamaRelawan

A post shared by ILUNI UI (@iluni.ui) on

Indosat Ooredoo dan BNI sebagai pendukung acara juga menyatakan apresiasinya atas penyelenggaraan Konser 75 Suara Perjuangan. Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni mengungkapkan bahwa acara ini sejalan dengan kampanye Indosat Ooreedo.

“Ketika melihat kesempatan berpartisipasi dalam Konser 75, kami merasa konser ini sangat sesuai dengan campaign Indosat Ooredoo yaitu teruskan perjuanganmu untuk tetap merdeka,” jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Ahmad Salman Somantri juga menyatakan dukungannya kepada konser ini. “Dalam memberi apresiasi kepada relawan, kami bekerja sama dengan ILUNI UI dalam Konser 75 Perjuangan. Semoga konser ini memberikan refleksi semangat perjuangan pahlawan kemerdekaan,” imbuh Ahmad.