Brilio.net - Setelah beberapa waktu lalu sukses menggelar tur album barunya di Singapura dan Malaysia, Fourtwnty akhirnya menjawab kerinduan para penikmat musik di Indonesia dengan membawa tur ini ke beberapa kota di Indonesia pada bulan Januari mendatang. Tur ini adalah tur perdana Fourtwnty untuk album Nalar yang dirilis pada April 2023.

Berkolaborasi dengan Expoindo, tur ini akan digelar di 3 kota di Indonesia. Dimulai dari Kota Surabaya pada tanggal 19 Januari 2024 di DBL Arena Surabaya. Tur kemudian dilanjutkan ke Grand Pacific Hall di Yogyakarta pada tanggal 21 Januari 2024, dan ditutup di Jakarta pada tanggal 27 Januari 2024 di Hall D2 JIEXPO Kemayoran.

fourtwnty gelar tur album nalar januari 2024 © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Ini pertama kalinya Fourtwnty tur album di Indonesia. Dan kali ini bekerja sama dengan Expoindo. Kita mulai di 3 kota dulu di bulan Januari ada Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta," tutur vokalis Fourtwnty, Ari Lesmana dalam konferensi pers, Kamis (28/12)

General Manager Expoindo, Bram Tulong mengungkapkan rasa senangnya dapat berkolaborasi dengan Fourtwnty untuk menggelar tur albumnya kali ini.

"Kami sebenarnya telah menjalin hubungan baik dengan Fourtwnty sejak tahun 2017 dan menjadi sebuah kebanggaan bagi kami untuk dapat berkolaborasi dalam tur album ini," ungkap General Manager Expoindo, Bram Tulong dalam konferensi pers, Kamis (28/12).

Berbicara sedikit mengenai album Nalar, album ini merupakan album ketiga dari Fourtwnty yang menjadi 'comeback' mereka setelah absen selama lima tahun tanpa merilis album sejak 2018. Ari juga mengungkapkan bahwa album ini bercerita tentang penderitaan personal seseorang hingga persoalan mental.

fourtwnty gelar tur album nalar januari 2024 © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Nalar adalah sebuah obat buat kalian yang mungkin punya sesuatu hal yang tidak bisa disembuhkan, obat ini kami racik sedemikian rupa," ungkap Ari.

Seperti yang dituliskan oleh Fourtwnty lewat lirik dari lagu Aku Mencintai Traumaku dan Menangis, tertawa, amarah dan gelisah menjadi bumbu dan saksi bisu. Fourtwnty berharap tur album Nalar ini dapat menjadi ruang bagi para penikmat musik Fourtwnty untuk meluapkan perasaan yang selama ini tertahan dalam dirinya.

fourtwnty gelar tur album nalar januari 2024 © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Lebih lanjut, Ari juga membeberkan bahwa konser tersebut akan berjalan selama dua jam dengan aransemen musik, visual acting, serta visual creative yang sangat berbeda. Tak hanya membawakan lagu teranyarnya, Fourtwnty juga akan membawakan beberapa lagu hits miliknya.

"Pastinya kita akan membawakan 9 lagu terbaru ada di album barunya Fourtwnty yang bertajuk Nalar dan akan di-combine dengan beberapa lagu yang jarang kita bawakan di konser-konser sebelumnya," tambah Ari.

Ari juga membeberkan proses latihan yang dijalani menuju tur album yang akan segera digelar pada awal tahun 2024. Ia mengungkapkan bahwa Fourtwnty akan membawakan total 18 lagu dengan aransemen musik yang berbeda untuk memberikan pengalaman menonton musik yang tak terlupakan bagi para penggemarnya.

"Untuk persiapan kita banyak latihan karena lagu yang kita bawain cukup banyak ya 18 lagu. Dan karena aransemen hampir 80 persen kita ubah, jadi perlu banyak waktu untuk latihan," pungkasnya.

Para penggemar musik Fourtwnty dapat menikmati konser tersebut dengan tiket mulai dari Rp 50 ribu untuk harga Presale dan Rp 200 ribu dengan benefit Meet & Greet bersama Fourtwnty. Tiket tersebut dapat diakses melalui BBO App yang bekerja sama dengan Expoindo.