Brilio.net - Pandemi corona menjadi pukulan berat khususnya bagi pelaku industri kreatif dan seni pertunjukan di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia, beberapa event musik harus tertunda sejak kemunculan pandemi pada Maret 2020.

Salah satu festival musik yang sempat tertunda adalah Flavs A Hip Hip, Soul, R&B. Festival besutan promotor Visicita Network dan Dyandra Promosindo yang semula dijadwalkan terlaksana pada 4 dan 5 April 2020 lalu, harus tertunda karena wabah ini.

Setelah melalui proses diskusi dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun sesama pelaku seni pertunjukan, akhirnya Flavs Festival memutuskan untuk mengubah konsep acara menjadi virtual festival. Langkah ini diambil demi menyejukkan dahaga penikmat musik akan sajian pertunjukan dari musisi Hip Hop, Soul, R&B terbaik di Tanah Air.

Flavs Virtual Festival akan terselenggara pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2020 yang dapat dinikmati audiens secara online di rumah masing-masing selama 12 jam non-stop. Untuk harga tiket bisa didapatkan website www.flavs.id mulai tanggal 24 Juni 2020 kemarin.

Terselenggaranya konsep baru Flavs nantinya akan mengikuti himbauan dan instruksi pemerintah mengenai standar protokol kesehatan bebas Covid-19. Keistimewaan dari Flavs Virtual Festival nantinya akan mengadopsi gaya lama, yakni memilih dan menikmati pertunjukan secara simultan dari 4 studio yang berbeda dan disaksikan online.

Loading...

Bagi pemilik tiket kategori Flavs Daily Pass, dapat berinteraksi dengan antar sesama penonton di chat room. Namun bagi pemilik tiket kategori Home Weekend Party, akan memiliki aksesibilitas interaksi lebih atraktif dengan hadirnya fitur penampakan visual penonton, sehingga dapat berinteraksi dengan sesama penonton Home Weekend Party lainnya atau bahkan dengan artis yang sedang tampil.

“Flavs Virtual Festival secara teknis djalankan dengan sistem broadcast yang dapat diakses melalui internet, sehingga di masa pandemi ini para penggemar musik Hip Hop, Soul, R&B masih tetap dapat menikmati suguhan pertunjukan dari rumah sambil berinteraksi secara virtual tanpa harus bersentuhan fisik," ujar Technical Director Flavs Virtual Festival Tri Sasongko Santoso dalam siaran pers yang brilio.net terima, Jumat (26/6).

Awalnya Flavs Virtual Festival selain dimeriahkan oleh menampilkan sederet musisi Hip Hop, Soul, R&B Tanah Air seperti Reza Artamevia, Saykoji, Dekat, Gamaliel, Iwa K, Maliq & D'Essential, Marcell, Yura Yunita, Ras Muhammad, Teza Sumendra, dan masih banyak lagi.

Selain musisi Tanah Air, Flavs Virtual Festival rencananya akan dimeriahkan oleh musisi Internasional seperi Tyga (Amerika), Azealia Banks (Amerika), dan Lil Pump (Amerika). Namun, melihat perkembangan situasi dan kondisi tidak memungkinkan bagi artis tersebut untuk tampil di Flavs, maka pihak penyelenggara menyatakan akan tetap melangsungkan acara secara online tanpa adanya artis internasional.

“Flavs di tahun 2020 fokus untuk menampilkan musisi nasional dulu, supaya teman-teman musisi kembali bangkit semangatnya untuk berekspresi di kala pandemi dan turut mendorong industri kreatif kembali aktif. Kami beruntung karena konsep ini juga didukung oleh para musisi yang siap tampil maksimal secara virtual sesuai dengan protokol kesehatan yang telah disiapkan Flavs," ucap Program Director Flavs Virtual Festival Yacko.