Brilio.net - Penyanyi pop asal India Ananya Birla baru-baru ini meluncurkan single terbarunya berjudul Better.Single yang dirilis UMG dan didukung oleh Island Records UK ini sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai salah satu bintang baru di dunia musik pop. Selain cantik, Ananya memang piawai di bidang tarik suara.

Oh iya, single ini diproduksi musisi peraih nominasi Grammy Award Mood Melodies (Jessie J, Alessia Cara, Noah Cyrus) ini merupakan lagu elektro-pop yang didedikasikan bagi mereka yang telah memberikan semangat dan dukungan di saat orang-orang terdekatnya menghadapi masa-masa sulit.

Nah kayak apa ya lagu terbaru putri salah satu orang terkaya di India ini? Berikut sembilan fakta dibalik single Better yang berhasil dihimpun Brilio.net.

1. Video klipnya sudah lebih dari 9 juta kali ditonton lho

Lagu ini juga hadir dengan sebuah video klip yang penuh gairah dan warna lho. Video klip ini disutradarai Tim Nackashi (Sean Paul, Dua Lipa, Maroon 5) yang kini telah mencapai lebih dari 7 juta views di YouTube.

2. Terinspirasi pengalaman pribadi ketika menghadapi masa sulit

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Seperti semua lagu-lagu saya sebelumnya, Better bersifat sangat pribadi dan jujur. Lagu ini terinspirasi dari kisah pribadinya yang sempat menghadapi masa yang sulit beberapa tahun lalu. Tantangan itulah yang mengilhami Ananya menulis lagu ini untuk didedikasikan kepada semua orang yang telah membantunya melalui masa tersebut.

“Saya percaya bahwa Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik jika dikelilingi orang-orang yang berpikiran positif. Lagu ini membuat saya tersenyum dan saya berharap semua orang yang mendengarnya pun merasa demikian,” kata Ananya seperti rilis yang diterima Brilio.net dari Individual Reputation Management, Rabu (23/1/2018).

3. Musisi India pertama yang meraih platinum

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Ananya dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu India pertama yang bernyanyi dalam bahasa Inggris. Nggak heran jika dirinya menjadi penyanyi India pertama yang meraih Platinum dengan lagu berbahasa Inggris di India melalui tiga lagu terakhirnya. Ini adalah sebuah prestasi yang telah dicapainya tiga kali, serta mengantarkannya mematahkan dominasi musik Bollywood di kancah musik India.

4. Lagu-lagunya mulai mendominasi tangga lagu di negaranya

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Sejak merilis single debutnya yang berjudul Livin the Life pada 2017 lalu (yang kemudian di-remix oleh Afrojack), Ananya berhasil mendominasi tangga lagu India dan muncul di sejumlah playlist mancanegara seperti Amerika Serikat, Inggris, Uni Emirat Arab (UEA) dan Asia Tenggara, serta Apple’s Best of 2018.

5. Meraih lebih dari 100 juta stream musik gabungan

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Kemampuan musikalitas Ananya memang nggak bisa diragukan deh. Sejak bergabung dengan Universal Music 2016 lalu, salah satu Most Influential Young Indians versi Majalah GQ ini telah meraih lebih dari 100 juta stream musik gabungan melalui empat lagu pertamanya yang ia ciptakan bersama sejumlah musisi ternama seperti Afrojack, Jim Beanz, dan Mood Melodies.

6. Bakal meluncurkan album mini

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Bagi wanita yang juga pernah dinobatkan sebagai Women to Watch versi Majalah Forbes, tahun ini menjadi momen penting. Maklum, saat ini cewek yang merupakan pemain gitar dan santoor otodidak ini bersiap merilis sebuah lagu baru pada Maret mendatang bersama rapper superstar asal Jamaika Sean Kingston, dan juga album mini alias Extended Play (EP) perdananya April 2019.

7. Sering tampil pada konser besar

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Ia juga kerap tampil di konser-konser besar India, seperti Global Citizen, Oktoberfest. Bahkan saat merayakan pergantian tahun 2019 lalu, Ananya tampil di atas panggung festival musik elektronik terbesar di Asia, Sunburn bersama sejumlah musisi terkemuka seperti Axwell Ingrosso, Armin van Buuren dan Alan Walker. Di festival musik tersebut, Ananya juga menyanyikan Better untuk pertama kalinya di hadapan lebih dari 20 ribu penonton. Saat ini, Ananya juga berencana tampil di Inggris dan Amerika Serikat.

8. Menjadikan musik untuk membantu penderita kesehatan mental

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Nggak cuma piawai di dunia tark suara, Ananya juga dikenal sebagai pejuang kesehatan mental. Ananya menggunakan musik untuk menyatukan banyak orang dari beragam latar belakang dan menyelanggarakan festival musik di Mumbai untuk menyukseskan organisasi kesehatan mental yang didirikannya, Mpower.

9. Berusaha menghilangkan stigma gangguan kesehatan mental

Ananya Birla © 2019 brilio.net

Organisasi Mpower diluncurkan setelah Ananya menghadapi berbagai permasalahan mental saat ia menuntut ilmu di Universitas Oxford, serta berupaya menghilangkan stigma terkait gangguan kesehatan mental dan menyoroti isu tersebut di India. Dua konser terakhir Ananya berhasil mengumpulkan lebih dari 30 ribu penonton. Baru-baru ini, ia berbicara mengenai Mpower dalam acara One Young World.