Brilio.net - Keberadaan video klip dalam sebuah lagu ibarat rekonstruksi adegan yang menggambarkan lagu tersebut. Makanya nggak heran jika kehadiran sebuah video klip cukup penting. Selain sebagai media promosi, sebuah video klip juga berperan untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam sebuah lirik. Jadi, bagi orang yang melihat akan lebih mudah mengerti dan jelas tentang lagu yang dimaksud.

Selama ini mungkin Sobat Brilio (Sobri) sering menyaksikan video klip musik yang menggunakan artis, model, atau personel band sebagai bintangnya. Tapi, baru-baru ini, E-Motion Entertainment, perusahaan entertainment terkemuka di Indonesia menyajikan sejumlah video klip dengan format yang berbeda. Menggunakan animasi.  

Video Klip Animasi © 2020 brilio.netCEO E-Motion Entertainment Arnold J Limasnax (kiri)-@yans_brilio

Bekerja sama dengan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (Ainaki), E-Motion Entertainment melakukan remake video musik sejumlah lagu yang pernah hits seperti Mau Dibawa Kemana milik Armada, Jerawat Rindu yang dinyanyikan Anji. Lalu ada juga lagu Tanpa Tergesa milik Juicy Luicy yang dibuat dalam dua versi animasi. Kemudian ada juga lagu Kekasih Terhebat yang dinyanyikan Anji, juga dalam dua versi. Kemudian lagu Takkan Terganti milik Marcell dan lagu Armada berjudul Pergi Pagi Pulang Pagi.

CEO E-Motion Entertainment Arnold J Limasnax menjelaskan kolaborasi ini sebagai bentuk dukungan kepada para animator Tanah Air yang punya potensi luar biasa. “Apa yang kita kerjakan bersama ini adalah tahap awal dan kami berharap, ke depan bisa melahirkan karya bersama yang bisa diakui baik skala nasional dan internasional, “ ujar Arnold saat jumpa pers di Jakarta baru-baru ini.

Loading...

Video Klip Animasi © 2020 brilio.netCEO E-Motion Entertainment Arnold J Limasnax (tengah) dan para animator Ainaki

Dalam pemilihan lagu, pihak E-Motion Entertainment hanya memberikan daftar lagu yang pernah hits. Lalu para animator di bawah naungan Ainaki yang menerjemahkan dalam bentuk visual. Semua video musik animasi ini memberikan nuansa yang berbeda lho. Ada juga unsur-unsur komedi di dalamnya.   

Sekretaris Jendral Ainaki Eka Chandra mengatakan kolaborasi ini sebagai sebuah kesempatan untuk saling mendukung dan menciptakan revenue stream baru dalam industri kreatif. “Besar harapan Ainaki untuk bisa mendapat kesempatan lebih banyak lagi untuk memajukan industri kreatif Indonesia agar bisa bersaing di level nasional bahkan internasional,” kata Eka.

Seperti apa ya karya kolaborasi video musik animasi antara E-Motion Entertainment dan Ainaki? Berikut delapan video klipnya.

1. Kisah cinta beda dimensi

Video musik lagu milik Anji, Kekasih Terhebat ini menceritakan tentang cinta dengan perbedaan dimensi, yaitu seorang pria yang hidup di dunia 2 dimensi mencintai wanita di dunia 3 dimensi pada pandangan pertamanya. Karena perbedaan yang besar itu, cintanya hampir tidak mungkin dicapainya. Namun dengan upaya yang keras, akhimya mereka dapat bertemu.

Proses kreatif karya Ark animasi Emotion ini dikerjakan hanya dalam waktu 25 hari. Konsep video klip ini adalah berupa lirik video dengan teknik animasi 3D, 2D dan real shot yang digabung menjadi satu kesatuan.

2. Kerinduan si nenek lincah alias Neli

Lagu Jerawat Rindu yang dinyanyikan dan diciptakan Anji menjadi semakin berwarna ketika dipadukan dengan video klip karya UNIKOM dan Ayena Studio. Lagu ini dipilih karena unik, lucu dan sangat mudah didengar. Proses kreatif video klip ini tidak lebih dari satu bulan.  

Video klip ini bercerita tentang Neli, nenek lincah dengan kekuatan super yang sedang bersedih karena harus berpisah dengan cucunya bernama Nunu. Sebetulnya Nunu bakal kembali lagi menjenguk Neli di wisma manula dalam seminggu ke depan.

Tetapi, satu minggu adalah waktu yang sangat lama bagi Neli. Sehingga munculah jerawat rindu menghiasi wajah Neli. Berbagai upaya dilakukan untuk menghapus jerawat rindu, namun tenyata hanya sebuah pertemuan yang mampu menghapus jerawat rindu itu.

3. Cinta Ucup Ancur yang berantakan

Lagu Mau Dibawa Kemana milik Armada yang dirilis 2009 silam menjadi sangat berbeda ketika disematkan pada video klip karya Temotion (PT Tempo Kreasi Animasi). Lagu yang gampang didengar ini semakin hidup dengan penampilan sosok Ucup Ancur sebagi model video klip yang hanya dikerjakan selama 25 hari itu.

Oh iya, Ucup Ancur ini adalah seorang hansip kampung yang jatuh cinta pada Menik, salah satu warga di mana Ucup bertugas. Ucup selalu berupaya merayu pujaan hatinya itu agar mendapat perhatian dan jawaban atas perasaannya itu. Lucunya, usaha keras itu gagal. Karena Ucup malah jadi sibuk menghadapi masalah demi masalah yang terjadi justru akibat kekonyolan dan kecerobohannya sendiri.

4. Kisah kerja keras driver ojol

Keberadaan ojek online (ojol) menjadi sebuah fenomena baru untuk profesi pekerjaan.  Ada banyak dinamika. keseruan dan keharuan di dalam profesi tersebut. Fakta inilah yang menjadi inspirasi bagi Bonbin Studio dalam menerjemahkan lagu Pulang Pagi Pergi Pagi yang dilantunkan Armada dalam video klip animasinya.

Dalam video klip ini digambarkan perjuangan driver ojol dalam mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Terlebih dalam video klip ini, isteri driver ojol tersebut sedang hamil sehingga ia harus bekerja keras. Ada beberapa adegan lucu di mana driver ojol tak pernah peduli dalam mencari penumpang mulai dari manusia biasa sampai hantu sekalipun. Video klip ini adalah sebuah karya dan bentuk apresiasi untuk para driver ojol yang tak jarang berjuang pergi pagi pulang pagi.

5. Kisah cinta bertepuk sebelah tangan  

Video klip lagu Tanpa Tergesa milik Juicy Luicy besutan Jotter Production ini menggambarkan kisah cinta Rama bertepuk sebelah tangan dari Rama kepada Jenny. Ternyata, Jenny lebih menyukai Kevin, sahabat Rama. Namun setelah sekian lama akhirnya Jenny sadar tentang cinta Rama.

Kisah ini diambil dari cerita satu babak komik Webtoon Just Be Yourself (JBY) yang  berkisah tentang perjalanan Jenny dan sahabatnya Euis.

6. Kisah pasangan suami isteri yang saling dukung

Ini adalah video klip animasi lagu Kekasih Terhebat milik Anji dalam versi lain. Video klip garapan Ayena Studio ini bercerita tentang sepasang suami istri yang hidup bahagia. Mereka sering menghabiskan waktu bersama seperti menonton film, main game bersama atau sekadar mengobrol di rumah.

Namun tiba-tiba kehidupan mereka berubah ketika sang suami jatuh terpuruk dan bangkrut setelah di-PHK. Sang istri berusaha menghibur suaminya, menguatkannya dan menyemangatinya agar kembali bangkit. Si pria kemudian tersadar bahwa ia harus kembali bangkit karena ada wanita hebat yang selalu mendukungnya dan selalu ada untuknya.

7. Kasih ibu yang takkan terganti 

Kasih ibu sepanjang masa, begitu kata pepatah. Hal inilah yang menginspirasi Manimonki menerjemahkan lagu Takkan Terganti yang dibawakan Marcell Siahaan dalam video klip animasinya. Kendati si ibu sakit tapi dia tak mempedulikan kesehatannya demi kesembuhan anaknya yang menderita penyakit serius.

Si Ibu terus menyemangati dan mendampingi anaknya agar bisa sembuh. Meski pada akhirnya si ibu justru menghembuskan nafas terakhirnya disaat si anak mulai pulih. Ya, begitulah kasih ibu yang takkan pernah tergantikan.

8. Cerita Tessa

Ini adalah video klip animasi versi lain lagu Tanpa Tergesa yang dinyanyikan Juicy Luicy. Video klip Cerita Tessa ini memang diambil dari karya virtual youtuber Cerita Tessa yang merupakan cipta karya indie grup lingkar karya Gang7.