Brilio.net - Dahulu, film animasi dibuat dengan memanfaatkan alat sederhana dengan teknik ilusi gambar. Hasilnya masih hitam putih, tak bersuara, dan berdurasi singkat.

Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, film animasi pun terus memperbaiki kualitas, baik dari segi visual maupun audio. Tak hanya itu, film animasi juga menghadirkan kisah segar yang menghibur.

Tak selalu menghadirkan karakter yang imut dan kisah yang lucu, film animasi juga menghadirkan berbagai genre yang seru dan menegangkan. Salah satunya adalah film animasi yang bertema perang.

Beberapa rumah produksi animasi memilih tema ini karena ekspektasi bahwa adegan pertarungan dan peperangan dinilai lebih mudah tergambar jika menggunakan animasi. Selain itu, latar suasana yang diperlihatkan pun bisa diatur hingga terkesan mencekam.

Nah, jika kamu termasuk penggemar film animasi tentang perang, berikut beberapa pilihan animasi yang bisa kamu tonton. Pilihan animasi ini ada yang berasal dari Jepang, Amerika, hingga Indonesia lho.

Loading...

Penasaran? Berikut delapan film animasi bertema perang yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/1).

1. The Wind Rises.

film animasi perang istimewa

foto: amazon.com

Film Wind Rises mengangkat kisah tokoh insinyur pesawat kebanggaan Jepang, yakni Jiro Horikoshi. Ia berhasil menciptakan pesawat tempur hebat yang digunakan dalam Perang Dunia II. Kemampuan pesawat ini pun tak main-main, Mitsubhisi A6M Zero bisa terbang dengan kecepatan lebih dari 310 mil/jam dan mampu bermanuver dengan bobotnya yang ringan.

Dalam film ini, ada scene yang memperlihatkan bahwa satu pesawat buatan Jiro dapat mengalahkan 99 pesawat tempur lainnya. Meski dinilai sebagai pembuat pesawat yang andal, Jiro justru merasa resah karena ciptaannya telah menjadi senjata yang menghabisi banyak nyawa.

2. Grave of The Fireflies.

film animasi perang istimewa

foto: imdb.com

Masih mengangkat kisah Perang Dunia II, film ini berpusat pada tokoh kakak beradik bernama Seita dan Ketsuko. Dikisahkan mereka harus kehilangan orangtua dan rumahnya karena serangan Amerika Serikat.

Kota Kobe yang mereka tinggali telah hancur karena bom dahsyat. Jepang mengalami kekalahan dan korban telah banyak berjatuhan. Mereka yang berhasil selamat dan hidup pun masih harus berjuang untuk bertahan di tengah keterpurukan.

3. In This Corner of the World.

film animasi perang istimewa

foto: imdb.com

Rilis 2016, film ini mengisahkan tentang perempuan bernama Suzu yang tinggal di Kota Kure, Jepang. Ia membantu sang nenek dengan bekerja memproduksi nori. Namun kehidupannya berubah setelah terjadi Perang Dunia II.

Kala itu Kota Kure menjadi pangkalan Angkatan Laut Jepang dan sering mendapatkan serangan udara dari Amerika Serikat. Suzu pun harus terus bertahan hidup di tengah suasana perang yang mencekam.

4. First Squad.

film animasi perang istimewa

foto: imdb.com

Film First Squad mengangkat latar peristiwa peperangan di Front Timur Eropa, antara Nazi Jerman dan Uni Soviet. Film animasi dari kolaborasi Jepang dan Rusia ini, mengisahkan tentang perjuangan para pemuda Rusia untuk menghadapi peperangan. Apalagi setelah kemunculan prajurit dari Jerman yang telah mendapatkan banyak bantuan.

5. Battle of Surabaya.

film animasi perang istimewa

foto: imdb.com

Seperti judulnya, Battle of Surabaya mengambil latar waktu saat terjadi peperangan di Surabaya, tak lama setelah Perang Dunia II berakhir dan Jepang memilih untuk menyerah. Film asal Indonesia ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Musa. Ia adalah tukang semir sepatu yang diam-diam menjadi pengantar pesan rahasia.

Musa membantu pejuang Surabaya untuk berjuang mempertahankan tanah kelahirannya. Film Battle of Surabaya brhasil mendapatkan berbagai penghargaan seperti Golden Trailer Award dan IMTF 2013.

6. Kingsglaive.

film animasi perang istimewa

foto: imdb.com

Para gamers yang memainkan game Final Fantasy pasti sudah tak asing lagi dengan film animasi Kingsglaive. Di awal scena saja, penonton akan langsung menyaksikan peperangan yang seru dan menengangkan.

Film yang berbasis CGI ini mengisahkan prajurit Kingsglaive yang diutus King Regis untuk melindungi kerjaan. Mereka harus berhadapan dengan Niflheim. Ia merupakan ancaman bagi tanah Lucis, karena berencana untuk mencuri kristal suci. Film animasi ini juga menghadirkan aktor dan aktris ternama yang terlibat sebagai pengisi suara, yakni Lena Headey dan Sean Bean.

7. War of The Worlds.

film animasi perang istimewa

foto: imdb.com

Film animasi dari Malaysia ini juga mengisahkan tentang peperangan yang seru dengan selipan kisah fiksi ilmiah. Menjadi sequel atas novel HG Wells dengan judul yang sama, film ini menghadirkan aktor dan aktris ternama sebagai pengisi suara. Beberapa di antaranya adalah Peter Wingflield, Adria Paul, Tonu Eunsoff, dan masih banyak lagi.

8. Persepolis.

film animasi perang istimewa

foto: imdb.com

Berlatar tempat di Iran, film ini mengisahkan tentang tokoh bernama Marjane. Suhu politik yang memanas di Iran, membuat Marjane seolah terbiasa hidup dalam suasana yang mencekam. Mulai dari perlawanan rakyat, kemenangan pihak fundamentalis, hingga perang antara Iran dan Irak.

Film animasi Prancis yang diadaptasi dari novel ini berhasil mendapatkan penghargaan Jury Prize dalam Cannes Film Festival. Selain itu, masuk nominasi film animasi terbaik dalam Academy Award.

Reporter: Deta Jauda Najmah